Valentino Rossi Ungkap Masalah Performa Motornya

Valentino Rossi Ungkap Masalah Performa Motornya Sumber Foto : MotoGP

KabarOto.com – Pembalap anyar tim Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi, mengaku tidak senang dengan hasil MotoGP Qatar 2021 karena masalah ban yang tidak kunjung selesai.

Sebelumnya, hasil kualifikasi Rossi sangat positif tetapi saat balapan dirinya harus dikecewakan dengan hasil lomba yang tidak sesuai keinginannya. Dengan finis posisi ke-12 membuat pria asal italia tersebut kecewa berat.

Baca Juga : Hasil MotoGP Qatar 2021: Maverick Vinales Kalahkan Duet Ducati

Pembalap dengan panggilan The Doctor itu menyadari kecepatannya saat balapan kurang baik dan itu membuatnya sulit mempertahankan posisi start awal, 4. Dirinya juga sempat bersenggolan dengan Brad Binder (Red Bull KTM) yang membuatnya harus keluar dari posisi zona poin. Alhasil, dirinya berjuang keras memperbaiki posisinya dan beruntung meraih poin pertama bagi timnya.

Tentu dengan hasil yang pahit ini akan menjadi pelajaran besar bagi Rossi untuk medapatkan hasil lebih baik di balapan berikutnya. Seri kedua adalah MotoGP Doha, yang akan digelar di sirkuit yang sama.

“Sebenarnya kami mengharapkan hasil lebih baik, terutama setelah mendapatkan hasil kualifikasi yang bagus. Tetapi, saya kesulitan saat balapan karena masalah ban. Masalah ini hanya muncul saat balapan saja,” ungkap Valentino Rossi.

Baca Juga : Aprilia Tertarik Dengan VR46 Untuk Menjadi Tim Satelit MotoGP 2022

“Saya berusaha mengubah sesuatu, tetapi sayangnya tidak bisa mengatasi masalah itu. Usai beberapa lap, muncul masalah pada ban belakang. Saya mencoba untuk menekan ban belakang sekeras mungkin tetapi membuat performa ban menurun dan itu yang menyebabkan saya tidak bisa tampil cepat,” lanjut Rossi.

Valentino Rossi optimis dengan performa YZR-M1

Pada ajang balap GP Qatar 2021, suhu lebih dingin seharusnya membuat ban bekerja lebih optimal karena tingkat abrasif ban menurun dibandingkan hari-hari sebelumnya di mana cuaca sangat panas. Tetapi, ban belakang yang digunakan oleh Rossi tidak dapat membantunya untuk mengeluarkan potensi besar Yamaha YZR-M1.

Baca Juga : Klasemen Sementara MotoGP 2021: Maverick Vinales Unggul

Untuk menghadapi seri kedua, Rossi berharap memiliki performa lebih konsisten dan masalah ban belakang segera bisa diatasi. “Kami akan membuat ban belakang bekerja lebih keras. Tetapi, performa dan daya cengkeramnya cepat menurun dan itu menjadi masalah utama kami saat ini."

Dirinya akan melakukan konsultasi yang panjang dan menjelaskan apa yang dirasakan. Dengan begitu, Rossi berharap dapat menemukan solusi untuk masalah yang dihadapi sat ini agar bisa tampil lebih cepat untuk seri kedua berikutnya.