Arus Balik, Lebih Dari 331 Ribu Kendaraan Masuk Jakarta

Arus Balik, Lebih dari 331 Ribu Kendaraan Masuk Jakarta JM

KabarOto.com - Libur panjang akhir pekan sudah berlalu, hari itu juga dimanfaatkan oleh warga Ibu Kota untuk pulang ke kampung halaman. Mudik di perayaan Iduladha menjadi pengganti, karena saat Hari Raya Idul Fitri banyak orang yang tidak bisa pulang karena wabah Covid-19.

Usai menghabiskan libur akhir pekan, Senin (3/8) tentunya sebagian orang harus kembali menjalani rutinitas di Ibu Kota. PT Jasa Marga mencatat sebanyak 331.216 kendaraan menuju Jakarta pada H+1 atau Sabtu (1/8) dan H+2 yaitu Minggu (2/8).

Baca Juga: Padatnya Lalu Lintas Arus Balik Iduladha, Jalur Contraflow Diperpanjang

Ilustrasi arus balik

Angka tersebut merupakan kumulatif dari arus lalu lintas menuju Jakarta dari beberapa tol, antara lain Gerbang Tol (GT) Cikupa arah barat, GT Ciawi arah selatan, dan GT Cikampek Utama serta GT Kalihurip arah timur.

Jika dijabarkan lebih rinci, lalu lintas menuju Jakarta dari arah timur yaitu GT Cikampek Utama 2 naik 36% dengan jumlah 92.013 kendaraan. Sementara GT Kalihurip utama ada 89.666 kendaraan terhitung naik 30,6%. Totalnya kenaikan volume lalu lintas naik 33,3% dari arah timur saja.

Baca Juga: Kembali Diterapkan, 13 Kendaraan Ini Bebas Sistem Ganjil Genap

Dari arah barat yaitu GT Cikupa sebanyak 69.665 kendaraan melintas, menurun 8,8%. Sementara dari arah selatan, jumlah kendaraan menuju jakarta atau lokal sebanyak 79.872, naik 20,7%.

Melihat rincian data tersebut, PT Jasa Marga menjelaskan bahwa total volume kendaraan menuju Jakarta naik 18,8% dibandingkan lalu lintas normal.