Padatnya Lalu Lintas Arus Balik Iduladha, Jalur Contraflow Diperpanjang

Padatnya Lalu Lintas Arus Balik Iduladha, Jalur Contraflow Diperpanjang

KabarOto.com - Menutup Juli 2020, libur akhir pekan kemarin dilakukan sembari merayakan Hari Raya Iduladha. Tak sedikit warga Ibu Kota yang mudik menggantikan Lebaran saat Mei lalu. Kala itu, masyarakat diimbau tidak melakukan mudik demi memutus penyebaran virus Corona atau Covid-19.

Mengurai kepadatan arus balik, Polda Metro Jaya menerapkan contraflow di Tol Jakarta - Cikampek. Pasalnya, Polda Metro Jaya memprediksi puncak arus mudik terjadi pada Minggu (2/8) kemarin.

Rekayasa lalu lintas contraflow semula hanya diberlakukan di km 65 sampai km 47. Nampaknya, lalu lintas masih terlalu padat hingga akhirnya diperpanjang mulai dari Km 69 s.d. Km 47 sejak pukul 18.38 WIB.

Baca Juga: PSBB Transisi Diperpanjang, Pemprov DKI Jakarta Aktifkan Sistem Ganjil Genap

Tak hanya mengurai kepadatan di lalu lintasnya saja, petugas juga berharap penerapan contraflow ini bisa menguragi kepadatan jelang titik rest area. Misalnya di rest area km 62 dan km 52.

Dijelaskan oleh Dirlantas Polda Metro Jaya, pengaturan lalu lintas dilakukan di titik pertemuan antara jalur dari arah Bandung dan arah Cikampek.

Baca Juga: Sistem Ganjil Genap Segera Diterapkan, Kepolisian Siapkan ETLE

"Jika situasi membutuhkan bisa saja malam ini kita akan melaksanakan 'one way’ (satu arah) mulai dari jawa tengah sampai masuk ke Jakarta," jelas Direktur lalu lintas Polda Metro Jaya (2/8).

Terkait pengaturan lalu lintas arus balik Iduladha, petugas kepolisian juga sudah menyiapkan sejumlah pos arus balik, termasuk simulasi pengaturan sistem satu jalur.