POPULAR STORIES

Amankan Arus Mudik Lebaran 2023, Polri Kerahkan 148 Ribu Personel Gabungan

Amankan Arus Mudik Lebaran 2023, Polri Kerahkan 148 Ribu Personel Gabungan Kepadatan kendaraan di jalur mudik 2022

KabarOto.com - Siap melakukan pengamanan Arus Mudik 2023, Direktur Penegakan Hukum Korlantas Polri, Brigjen Pol Aan Suhanan memaparkan beberapa target Operasi Ketupat 2023. Polri juga akan mengerahkan 148 ribu personel gabungan.

Hal itu disampaikannya pada Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang digelar Komisi V DPR RI. Dalam penjelasannya, Aan menyebut hasil evaluasi Operasi Ketupat tahun-tahun sebelumnya. Salah satu yang harus dilakukan ialah rekayasa lalu lintas contraflow, hingga oneway untuk mengatasi hambatan arus lalu lintas.

Baca Juga : 616 SPKLU Milik PLN Tersebar Di 237 Lokasi Selama Masa Mudik 2023

"Pemberlakuan oneway juga akan dimulai dari tol Cipali hingga kilometer 414 gerbang tol Kalikangkung. Untuk di tol Cikampek hanya akan diberlakukan contraflow, sebab sudah ada penambahan satu lajur, sehingga sesuai dengan perhitungan bisa dilakukan contraflow meski sampai 2 hingga 3 lajur,” jelas Aan.

Petugas dilapangan juga memberikan informasi secara berkala melalui media elektronik maupun medsos, agar lebih cepat. Terdapat juga penertiban Surat Keputusan Bersama (SKB) untuk penanganan gangguan kamseltibcar lantas pada saat arus mudik.

Aan menambahkan, target operasi ketupat 2023 ialah memberikan kenyamanan dalam perjalanan, sehingga perjalanan waktu tempuh semakin cepat. Pihak kepolisian juga siap memperlancar arus lalu lintas dan menurunkan jumlah fatalitas korban kecelakaan.

Baca Juga : Antisipasi Puncak Arus Mudik 2023, Polri Siap Berlakukan Oneway

"Serta memastikan kelancarannya distribusi BBM dan logistik. Harapannya Polri tidak bisa bekerja sendiri. Kita harus mengelola dengan baik manajemen kelancaran dan keamanan mudik 2023” pungkas Aan.

Sedikitnya ada 148.211 personel gabungan yang akan diterjunkan dalam pengamanan arus mudik Lebaran 2023. Tersedia juga 2.787 pos pelayanan, pos pengamanan dan pos terpadu untuk 146.494 lokasi.