POPULAR STORIES

Asik Nih! Honda Siapkan HR-V Sport Bermesin VTEC Turbo

Asik Nih! Honda Siapkan HR-V Sport Bermesin VTEC Turbo Honda HR-V Sport (ist)

KabarOto.com - Honda kabarnya bakal memoles tampilan dari crossover andalan mereka, yakni HR-V dengan wajah yang lebih segar di tahun 2019 mendatang. Model baru tersebut diketahui bakal menyandang nama HR-V Sport, dan akan mendebut di kawasan Eropa.

Model ini pun tidak hanya menyuguhkan tampilan yang lebih segar, namun pihak pabrikan pun menyatakan bahwa model teranyarnya tersebut bakal dilengkapi dengan mesin baru. Di mana Honda HR-V Sport bakal disematkan mesin VTEC Turbo 1.5 Liter yang dicangkok dari Honda Civic.

Terlihat lebih sporty

Mesin empat silinder tersebut, diprediksi dapat membuat performa HR-V mampu meningkat. Karena dapat menghasilkan tenaga hingga 190 dk pada 5.500 rpm dan torsi sebesar 240 Nm di rentang putaran mesin 1.900 hingga 5.000 rpm.

Output torsi tersebut merupakan hasil dari mesin yang menggunakan transmisi manual 5 percepatan. Sedangkan untuk varian yang menggunakan transmisi CVT enam percepatan, hanya dapat menghasilkan torsi sebesar 220 Nm pada putaran mesin 1.700 hingga 5.500 rpm.

Mesin VTEC 1.5 L turbo bertenaga 190 dk

Ya! Honda memang akan menyediakan dua opsi transmisi pada HR-V terbaru ini. Sebagai pembanding, HR-V dengan mesin empat silinder yang beredar saat ini, hanya mampu menghasilkan tenaga sebesar 142 dk dan torsi sebesar 172 Nm.

Baca Juga: Gokil! Toyota Trueno Ini Ditawar Rp 1,7 Miliar

"Model baru ini ditargetkan pada mereka yang menginginkan pengalaman berkendara yang lebih dinamis," tulis Honda dalam keterangan resminya. Sehingga, pada HR-V Sport, Honda fokus pada masalah pengendalian.

Untuk itu, HR-V Sport bakal didukung dengan teknologi 'Performance Damper'. Honda pun turut melengkapi mobil ini dengan adaptive roll bar di bagian depan dan belakang, untuk menangkal gerakan lateral sehingga dapat meningkatkan stabilitas, khususnya saat sedang melewati tikungan.

Bagian interior tak banyak perubahan

Honda juga telah merancang ulang sitem kemudi rack and pinion pada HR-V Sport, alhasil dapat memberikan respons yang lebih stabil.

Untuk sisi eksterior, terlihat model ini tidak mengalami ubahan yang cukup berarti alias minor. Namun yang membedakan adalah tampilan Honda HR-V Sport kini terlihat lebih sangar berkat hadirnya aksen krom hitam di beberapa bagian, seperti pada lis di bagian bawah bumper depan, grille depan, dan frame fog lamp.

Selain itu, Honda pun semakin memperkuat kesan sporty pada HR-V terbaru ini berkat penggunaan front splitter, side skirt, wheel arch moulding, serta bumper belakang yang lebih agresif. Semua komponen tersebut dilabur dengan finishing warna hitam.

Baca Juga: Profil Honda HR-V Facelift 2018

HR-V Sport juga dilengkapi dengan cover spion hitam, muffler knalpot ganda, pelek 18 inci berdesain unik, serta lampu depan LED.

Masuk ke dalam kabin, rasanya tak banyak perubahan. Namun sama dengan ekterior, pada bagian interior juga bernuansa hitam termasuk pada bagian atap.

Menurut rencana, Honda HR-V Sport mulai diproduksi pada bulan Desember 2018. Untuk konsumen yang berminat, mobil ini bakal mulai dikirim ke konsumen pertama di musim semi tahun 2019 mendatang.