Asyik Nih, Sekarang Di Kawasan BSD Tangerang Selatan Bisa Dyno Test

Asyik Nih, Sekarang di Kawasan BSD Tangerang Selatan Bisa Dyno Test Foto: Kipli

KabarOto.com - Mesin dyno adalah suatu alat pengukur tenaga mobil yang sifatnya mutlak. Output-nya berupa angka torsi dan daya kuda, yang merupakan kondisi terkini dari performa yang dihasilkan oleh mesin kendaraan itu sendiri.

Nah, ada kabar gembira buat warga Tangerang Selatan dan sekitarnya nih, karena bengkel AHT Garage yang dikenal sebagai bengkel spesialis balap, sekarang sudah punya mesin dyno test sendiri.

"Dyno memang sebuah alat measurement yang terdiri dari banyak sensor dan hasilnya bersifat pasti, karena vital dan kami banyak mengerjakan mobil balap maka dibuatlah mesin dyno di sini," ujar Yudha Resigama selaku owner AHT Garage.

Baca juga: Evolusi Mesin V8, Dari Produksi Masal Hingga Ke Balap

Asyiknya lagi, mesin dyno test dari Mainline Dynolog ini terbuka untuk umum. Artinya, siapapun bisa menyewanya untuk sekadar mengetahui tenaga kendaraannya, sampai menyewa kru AHT Garage untuk melakukan tuning di atas dyno.

"Mesin dyno 2WD ini sudah kami upgrade ke versi software terbaru dari Mainline Dynolog, jadi lebih responsif dan beberapa hardware juga kami ganti agar bisa melakukan performa yang maksimal," imbuh pria berkacamata itu.

Baca Juga: AHT Garage, Dari Bengkel Mobil Balap Sampai Drone Racing

Alasan pihaknya memilih Mainline Dynolog chassis Dyno dengan tipe roller adalah segi ergonomis dari kuantitas customer-nya. "Jadi setelah dyno bisa langsung meminimalisir penumpukan mobil yang akan masuk ke sini. In dan out-nya jadi lebih efisien dan cepat, ketimbang harus copot ban di hub dyno," ujarnya.

Selain itu, penggunaan dinamo Eddy Current pada alatnya dinilai lebih efisien dalam load karena menggunakan sistem magnet dan digital ketimbang sistem hidraulik. "Perawatannya juga lebih simpel, tapi kembali ke preferensi masing-masing," kata penggeber Nissan Laurel bermesin RB25DET.

Nah, untuk harganya sendiri, roda 4 dikenakan biaya Rp1 juta per jam. "Tuning juga bisa, harga bervariatif tergantung pakai standalone atau piggyback. Untuk Haltech Rp2,5 jutaan, Dastek Rp1,5 jutaan, kalau Motec paling mahal dan tergantung parameternya," bilangnya.

"Kita juga bisa dyno motor dan punya bracket-nya, dari skuter sampai moge kita layani, harganya Rp500 ribu per jam," tutupnya. Nah, sekarang tak usah jauh-jauh lagi kan kalau mau dyno test?

Baca juga: 3 Honda Kencang Milik Juragan Car Wash Tangerang Ini Bikin Ngiler