AHT Garage, Dari Bengkel Mobil Balap Sampai Drone Racing

AHT Garage, Dari Bengkel Mobil Balap Sampai Drone Racing Biaya Untuk melakukan dyno test di AHT Garage untuk mobil Rp 1 Juta per jam, sedangkan untuk motor pun dilayani dengan biaya Rp 500 ribu per jam (Foto: Kipli)

KabarOto.com - Sobat KabarOto yang sering mengikuti balap di Sentul, Drifting, sampai ke Off-road pasti tak asing lagi dengan nama AHT Garage. Bengkel yang berlokasi di bilangan Lengkong Gudang Timur, BSD, Tangerang Selatan ini memang lahir dari ajang balap dan apapun yang berbau balapan, sampai-sampai mereka pun rajin menggeluti balap drone nasional dan internasional.

"AHT merupakan singkatan dari After Hour Tuning. Filosofinya karena dulu waktu awal berdiri di 2007 kami punya kesibukan masing-masing dan baru bisa berkutat dengan otomotif setelah jam kerja," buka Yuda Resigama Anggoro, salah satu pemilik AHT Garage. Apa saja sih yang dikerjakan di bengkel ini?

Awalnya memang mereka konsentrasi dengan balap mobil, dan rata-rata konsumennya datang dari dunia balap seperti ISSOM (International Sentul Series of Motorsport), juga drifting. Namun seiring berjalannya waktu, mereka pun mengerjakan perbaikan mobil umum.

Baca Juga: Helm Bau Dan Kusam? Ini Cara Mudah Merawatnya

"Alat kami pun mendukung seperti OBD untuk pengecekan/troubleshooting, dan kami juga sekarang punya mesin dyno sasis sendiri. Sekarang kami juga sering mengerjakan kendaraan-kendaraan dari salah satu pengembang besar di kawasan BSD," ujar Yuda.

Untuk mobil balapnya sendiri, AHT Garage sedang membuat sebuah proyek untuk BMW, Nissan Silvia S13, dan Mazda RX-8. "Untuk mobil umum Ford juga lagi sering masuk ke sini, soalnya ya setelah Ford Indonesia makin sedikit mereka para pengguna terkendala spare part dan bengkel pastinya," sambung Yuda.

Untuk soal harga, Yuda mematok tarif mulai dari Rp 500 ribu per servis ringan termasuk penggantian oli standar dan filternya.

"Kalau oli tergantung permintaan customer, kalau mau yang high end juga kami ada dan harga menyesuaikan. Beberapa parts juga kami ready stock untuk mobil-mobil tipe tertentu yang sering kami tangani, kalau turun mesin biaya jasanya mulai dari Rp 4,5 juta" kata pria berkacamata itu.

Baca Juga: Kelas F1 2019 Resmi Jadi Supporting Race Di Kejurnas Sprint Rally Seri 5

Nah, kemudian biaya untuk melakukan dyno test di AHT Garage untuk mobil Rp 1 juta per jam, sedangkan untuk motor pun dilayani dengan biaya Rp 500 ribu per jam.

"Biasanya sejam itu dapat 4 sampai 5 run, mobil apapun dan motor apapun dari Harley-Davidson bahkan sampai ke Vespa klasik juga kami dyno, dari injeksi sampai karbu juga," ujarnya.

Bengkel ini juga menerima flash tune untuk mesin 2KD-FTV dengan biaya Rp 7,5 juta, "Power gain naik sampai 20% dan sudah termasuk sampai 'before after'-nya juga seperti dyno test," beber Yuda.

Untuk tuning Dastek, Haltech, dan dengan harga paling tinggi yakni Motec juga diterima di bengkel ini dengan biaya mulai dari Rp 4,5 juta dan progresif tergantung tingkat kesulitannya.

Nah, buat yang kebetulan suka drone racing atau balap, AHT Garage punya merek sampai produksi sendiri yang sudah mengekspor sampai luar negeri yaitu Alpha Squad Multirotor. Mereka menjual bermacam-macam part sesuai kebutuhan para pecinta drone balap.

Remotenya dijual dari Rp 700 ribu - 5 juta, google-nya dijual Rp 1 - 7,5 juta, dan untuk drone nya sendiri berkisar di angka Rp 2,5 - 5 juta. "Sarannya sih ambil di harga tengah, agar enggak terlalu buang-buang duit untuk upgrade," tutup Yuda.

AHT Garage: Bumi Serpong Damai, No.26 Tangerang Selatan, Jl. Serpong Raya, Lengkong Gudang Timur, Kota Tangerang Selatan, Banten 15321 - Telp: 021-5384897