POPULAR STORIES

Helm Bau Dan Kusam? Ini Cara Mudah Merawatnya

Helm Bau dan Kusam? Ini Cara Mudah Merawatnya Untuk pehobi, helm sudah menjadi bagian dari gaya hidup sekaligus barang berharga yang layak untuk dikoleksi. (Foto: Kipli)

KabarOto.com - Memasuki era modern, fungsi utama helm sebagai pelindung kepala mulai bercabang menjadi barang mewah. Untuk pehobi, helm sudah menjadi bagian dari gaya hidup, sekaligus barang berharga yang layak dikoleksi. Wajar saja jika sekarang banyak yang mengoleksi helm dengan harga yang relatif mahal.

Merawat helm khususnya yang 'bermerek' sebenarnya tak sulit. Contohnya memperhatikan kebersihan kaca agar tidak mudah berjamur dan baret-baret dan juga membersihkan bagian busa dan jeroan helm itu sendiri.

"Cara yang paling tepat membersihkan visor atau kaca, sebaiknya hindari cairan yang mengandung zat kimia yang justru akan membuat kusam dan mengeras dalam jangka waktu lama. Cukup bilas dengan air bersih, lalu dilap kering microfiber," jelas Surya Halim Nugroho dari Otospa di Cimone, Tangerang.

Kemal Arsyad, karyawan jasa penitipan dan pencucian helm Stop n Go di basement Mall Alam Sutera juga mengamini pernyataan tersebut, "Baiknya memang tak disemprot sembarang cairan. Kami di sini sudah 2 tahun pakai 2 jenis cairan khusus yang digunakan untuk membersihkan permukaan dan busa helm, sekaligus mensterilkan kuman juga memberikan aroma wangi namun tak menusuk hidung ketika dipakai," ujarnya.

Baca Juga: Jangan Asal Pilih Jaket Touring, Ini Caranya

Memilih lap juga harus tepat, pilih lap yang punya pori-pori halus seperti microfiber agar helm tidak mudah lecet. “Misalnya, pinlock gampang lecet, sebaiknya dibilas dulu dengan air sebelum dilap, membersihkan outer shell dengan microfiber atau disemprot dengan angin. Ini tujuannya untuk menghilangkan debu di sela-sela ventilasi,” sarannya lagi.

Pria 2 anak itu bilang, untuk meminimalisir aroma tak sedap saat tidak dipakai adalah dengan membuka visor helm, dan saat dipakai gunakanlah balaclava.

"Tujuannya agar keringat tidak langsung terserap busa bagian dalam yang akan berbau dan menjadi sarang bakteri dan kuman," imbuhnya.

“Balaclava juga perlu rutin dibersihkan. Kalau busa dalamnya dicuci pakai shampoo khusus helm, biar kebersihannya tetap terjaga dan tidak bau apek,” imbuhnya.

Baca Juga: Toyota Corona Absolute ST 191 1997 Tampang Kalem Ini Pakai Mesin Mobil Reli