Astra Dan GoJek Kerjasama Gunakan PCX Electric, Ini 3 Lokasi Charging Station

Astra dan GoJek Kerjasama Gunakan PCX Electric, Ini 3 Lokasi Charging Station Honda PCX Electric

KabarOto.com - Kendaraan listrik sedang dalam proses perkembang biakan di Indonesia. Beberapa merek otomotif mulai kencang memasarkan kendaraan listrik keluaran mereka. Hal ini tidak semata mengikuti tren saja loh, tetapi mendukung kualitas udara dan kesehatan bumi yang lebih baik.

Tidak hanya melalui penjualan, cara baru dilakukan Astra dan Gojek untuk meningkatkan awareness masyarakat terhadap dampak positif kendaraan listrik.

Hal tersebut dilakukan untuk menginisiasi pilot project motor listrik di Indonesia melalui aplikasi GoJek, khususnya GoRide. Sehingga hal ini diharapkan dapat mendorong gaya hidup ramah lingkungan.

Baca Juga: Knalpot R9 Hyper X Untuk Menambah Tenaga KLX Dan PCX 150

"Inisiatif ini sejalan dengan kontribusi sosial berkelanjutan Astra di bidang lingkungan, yakni Astra Untuk Indonesia Hijau dan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa," jelas Direktur Astra Paulus Bambang Widjanarko.

Tujuan lainnya yaitu untuk mengkaji motor listrik sebagai alternatif layanan berbasis aplikasi. Dimana hasilnya diharapkan bisa menjadi bahan referensi untuk penelitian dan pengembangan motor listrik atau kendaraan listrik tahap berikutnya.

Baca Juga: Solusi Sokbreker Bengkok Honda PCX Lokal

"Dalam uji coba yang dilakukan di Jakarta, mitra driver Gojek terpilih akan melayani pelanggan dengan menggunakan Honda PCX Electric yang disediakan oleh Astra," jelasnya.

Honda PCX Electric yang diuji coba juga menghemat biaya operasional dan biaya pemeliharaan loh. Sebelumnya, satu unit Honda PCX Electric beserta charging station-nya sudah pernah dipamerkan. Tepatnya pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 di ICE BSD pada 25-26 Juli 2019 di booth GoJek.

Terkait ketersediaan Honda PCX Electric hanya beberapa unit saja, bahkan tidak sampai 200 unit di Indonesia. Sedangkan kerjasama ini sistemnya sewa be to be. Sehingga seperti servis, kontak center 24 jam, emergency road system maupun charging station seluruhnya disedaiakan oleh Astra.

"Charging station ada di tiga lokasi, di Cawang, Gunung Sahari, dan Tanah Abang. Manajemen baterai juga kita yang olah," jelas Thomas Wijaya selaku Marketing Director Astra Honda Motor pada (31/07) lalu.

Baca Juga: Ini Kawasaki J125, Skutik Bongsor Saingan Honda PCX Dan Yamaha Nmax

Berbicara soal kelanjutan kerjasama ini, Astra dan GoJek masih akan melihat perkembangan kedepannya. Jika hal tersebut terus terlaksana tentunya akan dikombinasikan dengan peraturan pemerintah. Namun masih banyak hal yang harus diperhatikan dari berbagai sisi.

"Selain itu kita juga akan pelajari ekosistem pengguna motor listrik (seperti) safety, infrastruktur, pengolahan limbah baterai," tambah Thomas Wijaya.