POPULAR STORIES

Asyik Nih! Jasa Marga Ongkosin Warga Bekasi Yang Mau Naik KRL

Asyik Nih! Jasa Marga Ongkosin Warga Bekasi yang Mau Naik KRL Ilustrasi KRL (KCI)

KabarOto.com - Setelah sukses meluncurkan program ‘Senin Diongkosin’ untuk para pengguna Transjakarta di Halte Summarecon Bekasi. PT Jasa Marga baru-baru ini ternyata juga meluncurkan program serupa untuk pengguna kereta rel listrik (KRL).

Untuk menjalankan program ini, PT. Jasa Marga turut menggandeng PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) untuk memberlakukan program Senin Diongkosin bagi pengguna KRL di Bekasi.

Baca Juga: Hallo Warga Bekasi! Ada Bus Transjakarta Gratis Nih Setiap Hari Senin

Dengan adanya program tersebut, mulai hari ini 18 Maret 2019, warga Bekasi yang biasa menggunakan Kereta Rel Listrik (KRL) di tiga stasiun, yaitu Stasiun Kranji, Stasiun Bekasi, dan Stasiun Cikarang, berkesempatan mendapatkan cash back top up Rp10 ribu.

Sama dengan Bus Transjakarta, program Senin Diongkosin untuk KRL juga berlaku setiap hari Senin pada jam padat, yaitu pada pukul 05.00-09.00 WIB dan pukul 16.00-20.00 WIB, selama bulan Maret sejak tanggal berlaku hingga akhir April 2019.

Program ini ditujukan hanya untuk warga Bekasi

Menurut Dwimawan Heru Santoso, selaku Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, program Senin Diongkosin mendapatkan tanggapan positif di kalangan masyarakat Bekasi.

"Setelah perdana dilakukan di Transjakarta, respon yang kami terima sangat positif. Karena itu, kami harap kerjasama dengan PT KCI untuk memberlakukan Program Senin Diongkosin di KRL juga membawa dampak dan manfaat yang lebih luas lagi kepada masyarakat Bekasi, khususnya yang terkena dampak kepadatan lalu lintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek eksisting akibat pembangunan infrastruktur secara bersamaan," jelas Heru.

Berbeda dengan Transjakarta, sistematika pemberian cashback (bonus saldo) Rp10 ribu ini pun relatif mudah. Program ini hanya berlaku untuk pengguna KRL yang menggunakan Kartu Multi Trip (KMT).

Pengguna KRL harus melakukan top up saldo KMT di Loket Stasiun minimal Rp20 ribu untuk mendapatkan bonus saldo Rp10 ribu. Setiap hari Senin, program ini hanya berlaku untuk 1 (satu) nomor KMT di salah satu dari ketiga stasiun di mana program Senin Diongkosin berlaku.

Baca Juga: Jasa Marga Dan Pertamina Siapkan 8 SPBU Di Tol Trans Jawa Jelang Lebaran

"Kami mengajak para pengguna jalan untuk memanfaatkan program ini dan berpindah moda dari transportasi pribadi ke KRL. Tentunya saat naik KRL sebaiknya memakai KMT sehingga pengguna dimudahkan, tidak perlu antre untuk isi ulang tarif setiap hendak menggunakan KRL. KMT juga bisa digunakan untuk bertransaksi di parkir stasiun bertanda KMT dan di toko C-Corner," ujar Erni Sylviane Purba, VP Corporate Communications PT KCI .

Untuk warga Bekasi yang terdampak proyek Jalan Tol Jakarta-Cikampek II

Dalam program Senin Diongkosin ini, para pengguna moda transportasi massal Bus Transjakarta dan KRL di Bekasi yang naik dari lokasi berlakunya program, tidak perlu mengeluarkan biaya lagi, karena perjalanan dari Bekasi menuju Jakarta sudah ditanggung penuh oleh Jasa Marga.

Khusus untuk KRL, tarif yang ditanggung sebesar Rp 10 ribu merupakan perjalanan pulang-pergi penumpang di tiga stasiun wilayah Bekasi menuju Jakarta dengan asumsi terjauh tarif Rp 5 ribu/sekali jalan. Wah, asyik nih!