POPULAR STORIES

Atasi Lelah Saat Mengemudi Di Tol Trans Jawa Dengan Cara Ini

Atasi Lelah Saat Mengemudi di Tol Trans Jawa Dengan Cara Ini

KabarOto.com - Libur panjang dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia untuk berlibur ke berbagai daerah di luar kota. Perjalanan panjang menggunakan mobil rela ditempuh untuk menuju ke kampung halaman atau mengunjungi tempat wisata yang eksotis.

Namun banyak hal yang harus diperhatikan saat menempuh perjalanan panjang, salah satu adalah rasa lelah yang biasanya dialami oleh pengemudi. Banyak risiko yang akan terjadi jika si pengemudi lelah, terlebih jika melintasi jalur Tol Trans Jawa yang cukup panjang, harus fokus selama menempuh jalur ini.

Baca Juga: Tips Mengemudi Di Jalan Menanjak Untuk Pemula

Sony Susmana dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) berbagi tips mengurangi rasa lelah saat perjalanan jauh agar tetap nyaman.

Caption

Pertama, menurut Sony adalah menjaga kondisi tubuh agar tetap fit, dengan beristirahat yang cukup sebelum menempuh perjalanan jauh. "Jangan lupa untuk mengkonsumsi vitamin C serta banyak makan sayur dan buah. Hal ini merupakan salah satu pilihan tepat untuk meningkatkan stamina tubuh," jelas Sony.

Baca Juga: Tips Aman Mengemudi Saat Hujan

Yang kedua, atur posisi duduk senyaman mungkin. Posisi memegang setir juga harus senyaman mungkin, supaya tidak cepat lelah. "Atur posisi kursi yang paling nyaman dengan postur tubuh. Setiap orang memiliki postur tubuh yang berbeda, posisi yang tepat adalah mengatur kaki dalam mengoperasikan pedal gas, kopling dan rem," tambahnya.

Yang ketiga, jangan mudah tersulut emosi. Biasanya hal ini terjadi saat ada pengendara lain ugal-ugalan. Lebih baik mengalah serta tetap sabar sehingga konsentrasi tidak terganggu dan lebih rileks.

Selanjutnya keempat, adalah beristirahat sejenak ketika masih dala. perjalanan. Setelah menempuh perjalanan selama tiga sampai empat jam, lebih baik beristirahat sejenak sekitar 15 menit. "Bisa meregangkan otot atau sekedar makan ataupun minum untuk menghilangkan kejenuhan," tambah Sony.

Kelima, Untuk mengurangi kelelahan saat perjalanan jauh, membuat kabin tidak panas. Caranya memasang kaca film dengan tingkat kegelapan yang tepat. "Pasang kaca film yang bisa menolak sinar ultraviolet dengan maksimal, sehingga di dalam kabin tidak akan terasa panas dan udaranya tetap adem," katanya.

Baca Juga: Tips Mengemudi Dalam Kondisi Hujan

Keenam, adalah mencari tempat pemberhentian yang aman jika dirasa teramat lelah atau mengantuk. Carilah tempat yang ramai seperti SPBU, rest-area, tempat rekreasi dan restoran. "Tidur walau hanya sebentar agar tubuh kembali segar bugar. Jangan memaksakan mengkonsumsi kopi," tutup Sony.

Berita Terkait

Berita Terkait