Tips Mengemudi Dalam Kondisi Hujan

Tips Mengemudi dalam Kondisi Hujan Mengemudi dalam kondisi hujan. (istimewa)

KabarOto.com - Cuaca Kota Jakarta yang sudah memasuki musim hujan bisa berdampak buruk kepada pengemudi sepeda motor. Agar sepeda motor tidak tergelincir akibat jalan licin, perlu teknik khusus dalam mengemudi.

Sepeda motor tidak mengenal kata stability atau keseimbangan. Dengan demikian, untuk mendapatkan keseimbangan dalam mengendarai sepeda motor, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan yakni kecepatan, jalanan, dan postur berkendara.

Baca Juga:

Sepeda motor sulit untuk stabil dalam kondisi jalan licin. Oleh karenanya, pergerakan motor harus bertahap ketika melakukan manuver ke kiri dan kanan.

Ketika salah dalam melakukan manuver, pijakan atau sudut ban ke permukaan jalan mengecil. Bahkan di jalan lurus saja, ketika ada genangan air yang hanya satu senti meter saja akan terjadi hydroplaning atau aquaplaning (peristiwa pemantulan).

Artinya, antara telapak ban dan permukaan jalan jika terdapat air akan membuat cengkraman ban menurun. Hal seperti itu yang membuat motor hilang kendali. Sederhananya mengendarai motor di musim hujan kecepatan di turunkan tidak seperti normal.