Audi RS 6 Avant Generasi Baru Meluncur Awal Tahun Depan Di Amerika Serikat

Audi RS 6 Avant Generasi Baru Meluncur Awal Tahun Depan di Amerika Serikat

KabarOto.com – Audi RS6 Avant generasi terbaru akan segera mengaspal di pasar Amerika awal 2020 mendatang. Walaupun sebenarnya peluang mobil jenis wagon untuk pasar negara tersebut tidak besar, Oliver Hoffmann selaku Audi Sport GmbH managing director mengatakan dia percaya untuk penjualan mobil ini merupakan ‘potensi besar’.

Dilansir dari slashgear, sebenarnya untuk pasar Amerika mobil keluarga lebih dicari karena kelapangan ruang kabin, biasanya kelas MPV, SUV dan crossover yang paling banyak menjadi pilihan.

Fascia depan mengadaptasi desain A6 namun, RS6 Avant generasi terbaru ini terlihat lebih gahar. Gril depan berwarna hitam gloss bermotif honeycomb dengan bentuk oktagon, terdapat dua air intake cukup besar memberikan kesan agresif dan ciri khas tersendiri. Sama seperti Audi A7 lampu depan menggunakan RS Matrix LED Laser lights.

Baca juga: Mengulas Sekilas Sejarah BMW Motorsports

Kesan gahar juga tersirat pada bagian buritan, dilengkapi dengan dual muffler besar, diffuser dengan aksen silver membuat RS6 Avant terlihat sporty. Kaliper rem berwarna merah menggunakan bahan carbon ceramic. Pelek berwarna gun metal berukuran 22 inci dibalut dengan ban Pirelli P Zero ini membuat tampilan mobil sangat proporsional

Bicara soal dapur pacu, menggunakan mesin V8 twin-turbocharged TFSI mild hybrid berkapasitas 4.000 cc, sanggup memuntahkan tenaga 591 dk dan torsi 800 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke seluruh roda (Quattro) melalui girboks otomatis 8 percepatan Tiptronic. Dari hasil pengujian Audi mampu berakselerasi 0-100 kpj dalam 3.6 detik saja, dan kecepatan maksimalnya adalah 250 kpj yang sudah dibatasi limiter.

Bagi para penggila kecepatan, ada kabar baik nih. Audi menawarkan Dynamic package RS6 Avant diklaim sanggup tembus 280 kpj. Dan dengan Dynamic Package Plus kecepatan maksimalnya bisa mencapai 305 kpj. Tersedia juga penambahan sistem yang dapat mengkontrol tenaga 70% ke roda depan atau 85% ke roda belakang sesuai kebutuhan.

Selain cepat juga dirancang untuk efisien bahan bakar, mesin V8 nya memiliki sistem baru yaitu ‘cylinder on demand’ dapat mematikan ke empat silindernya untuk menghemat bahan bakar. Namun, saat anda menginjak pedal gas sangat dalam sistem V8-nya akan bekerja kembali. RS6 Avant terbaru memiliki sistem kelistrikan utama 48-volt yang menggunakan sistem starter alternator belt. Pada saat dekselerasi tenaga 12 kW akan tersimpan di baterai lithium-ion.

Untuk pertama kalinya, RS6 Avant memiliki fitur adaptive air suspension sebagai standar. Pada kondisi normal jarak tanah ke bodi hanya 20 mm, jarak ini lebih rendah dibandingkan dengan A6 Avant lawas. Saat pada kecepatan diatas 120 kpj ketinggian otomatis turun 10 mm. Fitur ‘lift mode’ ini dapat menaikan 20 milimeter saat kecepatan rendah atau bisa diaktifkan saat melewati jalanan dengan kontur yang kurang baik.

Bicara soal suspensi, Audi juga menawarkan beberapa opsi yaitu RS Sport Suspension Plus dengan Dynamic Ride Control (DRC). Dengan DRC, ada tiga stage setup untuk membantu saat jalan dan mengurangi bodi roll.

Beralih ke interior, RS6 Avant memiliki bahasa Audi yang kekinian dengan virtual cockpitnya. Termasuk MMI Touchscreen dan head-up display. Virtual cockpit ini terdapat beberapa fitur seperti G-force meter, info temperatur beberapa komponen penting. Selain itu ada tampilan informasi seperti, torsi, tenaga, boost pressure dan lap times. Fitur safety seperti Adaptive Diriving Assistant yang sudah menjadi standar.

Baca juga: Toyota Camry TRD, Lebih Keren Dan Sporty

Interior jmewah dengan penggunaan jok sport terbungkus bahan Nappa leather dan Alcantara. Ada pilihan lagi nih yakni Valcona leather dengan motif honeycomb, atau pilih dua paket RS design lainnya. Sementara kapasitas bagasi saat kondisi kursi tegak, RS6 Avant memiliki kapasitas 565 liter. Saat kondisi kursi belakang terlipat mampu menampung 1.680 liter. Pintu bagasi sudah elektrik dengan fitur gerakan kaki dapat membuka pintu tanpa menggunakan tangan.

Audi RS6 Avant memiliki pilihan enam driving mode, Comfort, Auto, Dynamic, Efficiency dan RS mode. Khusus mode berkendara terakhir yakni RS, bisa menyimpan setting sesuai karakter yang diinginkan. Pada kolom setir ada tombol pengaturan throttle pressure, steering input, dan kekerasan suspensi.

Bicara soal harga pihak Audi masih bungkam. Tetapi di Jerman dan beberapa negara Eropa lainnya, Audi RS6 Avant akan mulai dijual pada kuartal pertama tahun 2020. Dan kemungkinan Amerika juga awal 2020. (Rizky Hidayat)

Berita Terkait

Berita Terkait