POPULAR STORIES

Awal Mula Bus Tingkat Di Indonesia, Jadi Armada AKDP Hingga AKAP

Awal Mula Bus Tingkat di Indonesia, Jadi Armada AKDP Hingga AKAP Bus double decker. (dok/foto: PO Unicorn Indorent)

KabarOto - Hadirnya bus tingkat di Indonesia dimulai sejak tahun 1968, pada saat itu digunakan hanya untuk melayani angkutan dalam kota Jakarta. Bus tingkat yang mengaspal tersebut, didatangkan dari pabrikan Leyland, Inggris dan Volvo, Swedia.

Di tahun 1981, bus tingkat untuk angkutan dalam kota juga mulai tersedia di Surabaya, Medan dan Semarang. Tetapi di pertengahan tahun 1990-an, keberadaan bus tingkat terus berkurang, hingga akhirnya dipensiunkan, karena faktor biaya perawatan yang cukup mahal.

Baca juga: Universitas Jember Gunakan Armada Double Decker Untuk Bus Kampus

Awal mula munculnya bus tingkat di Indonesia. (dok/foto: Instagram @Busklasik)

Setelah puluhan tahun mati suri, di tahun 2015 kemudian ada Perusahaan Otobus (PO) yang membeli bus tingkat garapan karoseri lokal, dan melayani penumpang di wilayah Sumatera. Seiring berjalannya waktu, kini sudah banyak PO yang menggunakan bus tingkat atau disebut double decker.

Tak hanya operator Atar Kota Antar Provinsi (AKAP) saja yang mengoperasikan bus tingkat untuk mengantarkan penumpang, berdasarkan beberapa sumber ada pula kota besar saat ini juga memiliki bus tingkat atau double decker, untuk armada pariwisata mengitari seputaran kota.

Baca juga: Mewahnya Kabin Bus Double Decker Baru PO Kencana

Bus double decker PO GHTS. (dok/foto: Karoseri Adiputro)

Untuk beberapa PO AKAP yang memiliki armada double decker sebut saja Rosalia Indah, Sinar Jaya, Harapan Jaya, Safari Dharma Raya, Nusantara, Damri, Unicorn Indorent, Gunung Harta Transport Solutions, Pandawa 87, Narendra, Agung Sejati, Kencana dan masih banyak lainnya.

Kemudian kota besar yang memiliki bus tingkat untuk dijadikan armada pariwisata di Jakarta, sejak akhir Februari 2014 sudah digunakan sebagai bus city tour gratis, terbagi menjadi 7 rute.

Baca juga: Sejarah PO Rosalia Indah, Pemegang Rekor MURI Bus Double Decker Terbanyak

Bus wisata dengan atap terbuka di Jakarta. (dok/foto: Transjakarta)

Lalu ada kota Surabaya yang mempergunakan bus tingkat pada September 2018 untuk melayani beberapa titik penting di kota Surabaya, uniknya sistem pembayarannya menggunakan sampah plastik. Selain Jakarta dan Surabaya, kota lainnya yang menggunakan bus tingkat untuk wisata adalah Malang.

Pada Februari 2015, pemerintah Kota Malang, Jawa Timur meluncurkan sistem angkutan bus tingkat wisata berwarna hijau yang diberi nama Bus Macito, atau Malang City Tour bus. Bus ini gratis bagi wisatawan.

Kemudian ada bus Bandros asal kota Bandung, bus satu ini memiliki dimensi yang lebih kecil dari bus tingkat lainnya karena menggunakan bodi berukuran medium, bus bandros ini memiliki kapsitas maksimal 30 penumpang.