POPULAR STORIES

Sejarah PO Rosalia Indah, Pemegang Rekor MURI Bus Double Decker Terbanyak

Sejarah PO Rosalia Indah, Pemegang Rekor MURI Bus Double Decker Terbanyak Bus Double Decker PO Rosalia Indah (Foto: dok.Instagram/@rosaliaindahgallery)

KabarOto.com - Rosalia Indah merupakan salah satu perusahaan otobus (PO) yang sangat diminati oleh masyarakat Indonesia yang saat ini juga menjadi salah satu po bus dengan armada bus tingkat (Double Decker) terbanyak.

Namun, sebelum dimandatkan sebagai salah satu PO dengan armada bus double decker terbanyak, tentunya PO Rosalia Indah asal Palur, Jawa Tengah ini memiliki kisah sejarah yang menarik selama perjalanannya yang kini sudah berusia lebih dari 40 tahun.

PO Rosalia Indah berdiri sejak tahun 1983

Sejarah PO Rosalia Indah berdiri sejak tahun 1983 yang dirintis oleh pasangan suami istri Yustinus Soeroso dan Yustina Rahyuni Soeroso, dimana saat itu hanya memiliki 1 armada jenis Colt Diesel yang disebut dengan ‘Bibit Kawit’ dengan membawa penumpang trayek Solo-Blitar.

Setelah menambahkan trayek-trayek seperti Yogya-Surabaya hingga Yogya-Blitar, akselerasi perkembangan perusahaan otobus inipun dimulai pada tahun 1991 dimana PO Rosalia Indah akhirnya resmi memiliki sebanyak 5 armada bus ‘Bumel Non-AC’ dengan tipe sasis Hino AK.

Bus Hino PO Rosalia Indah Tahun 1990-an (Foto: dok.Instagram/@busklasik)

Dan sejak saat itulah, perusahaan otobus (PO) Rosalia Indah resmi menjadi perusahaan perseorangan dengan ijin usaha Biro Perjalanan Umum (BPU) Rosalia Indah No. 05/D.2/BPU/III/1991 dari Deparpostel Dirjend Pariwisata.

Baca Juga: Sejarah Singkat PO Kramat Djati, Berawal Dari Bidang Ternak

Kendati demikian, seiring dengan pesatnya perkembangan dunia usaha transportasi, Pemerintah telah menetapkan bahwa perusahaan perseorangan (PO) dituntut harus profesional dalam pengelolaan manajemen dan pelayanan.

Mendengar kabar tersebut, tepat pada 15 April 2015, PO Rosalia Indah resmi berubah menjadi perusahaan berbadan hukum dengan nama PT Rosalia Indah Transport berdasarkan SK. Menkumham RI No. AHU-2392920.AH.01.01.

Berkantor pusat di alamat Jl. Raya Solo-Sragen KM. 7,5, Palur, Jaten, Karanganyar, Jawa Tengah, PT Rosalia Indah Transport kini menjadi sebuah perusahaan yang berkembang pesat dan merupakan perusahaan swasta yang diperhitungkan dalam percaturan bisnis transportasi di Indonesia.

Baca Juga: Sejarah PO Harapan Jaya, Berawal Dari 3 Unit Bus

Bus Mercedes PO Rosalia Indah Tahun 1990-an (Foto: dok.Instagram/@busklasik)

PO Rosalia Indah Bersaing Ketat Hingga Raih Penghargaan MURI

Ketatnya kondisi persaingan bisnis transportasi darat sejak era 1990-an sampai saat ini bukanlah kendala bagi PT Rosalia Indah Transport yang telah handal menyediakan layanan mulai dari AKDP (Antar Kota Dalam Provinsi) hingga AKAP (Antar Kota Antar Provinsi).

Pada akhirnya, perusahaan ini terus berkembang pesat dengan mempekerjakan 1.000 personel dan memiliki 140 kantor perwakilan serta agen yang tersebar di wilayah Jawa dan Sumatera dengan armada-armada bus yang terus dikembangkan hingga saat ini.

Baca Juga: Pertama Di Indonesia, PO Juragan 99 Rilis Bus Double Decker Dengan Kabin Sleeper

Dengan begitu, perjuangan PT Rosalia Indah Transport hingga saat ini semakin terus berkembang dengan menambah layanan pariwisata dan menyedikan jasa carter bus pariwisata dengan armada pariwisata yang tentunya memanjakan para penumpang.

Pada tahun 2021, PO Rosalia Indah memiliki total armada hampir 400 unit, dengan berbagai macam layanan kelas armada mulai dari Double Decker, Super Top, Executive Plus, Super Executive, Executive Class, VIP Class, Micro Bus Super Top, hingga Pariwisata.

Bus Double Decker Scania PO Rosalia Indah (Foto: dok.Instagram/@rosaliaindahgallery)

Terus membuahi hasil, PO Rosalia Indah juga telah meraih sejumlah penghargaan resmi, salah satunya dari Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan menjadi operator bus tingkat atau double decker terbanyak. Tercatat pada tahun 2022 lalu telah memiliki lebih dari 25 unit bus tingkat.

Beramacam sasis bus telah dicicipi mulai dari Hino hingga sasis-sasis Eropa seperti Volvo dan juga Scania. Bodi busnya juga telah dirancang oleh para karoseri bus ternama Indonesia seperti Rahayu Santosa, Adiputro, hingga Laksana.

Baca Juga: 5 PO Bus Indonesia Ini Punya Trayek Terjauh, Sampai 3.000 KM