POPULAR STORIES

5 PO Bus Indonesia Ini Punya Trayek Terjauh, Sampai 3.000 KM

5 PO Bus Indonesia Ini Punya Trayek Terjauh, Sampai 3.000 KM Bus PO ALS/Foto: dok.Instagram/@pt.antarlintassumatera

KabarOto.com - Bus merupakan salah satu moda transportasi darat, yang terbilang sangat diminati oleh masyarakat Indonesia, tarifnya terjangkau, dibandingkan pesawat atau membawa kendaraan pribadi.

Baca Juga: Deretan Bodi Sleeper Bus Rakitan Karoseri Indonesia

Saat ini, sejumlah perusahaan otobus (PO) di Indonesia tak hanya melayani rute antar kota dalam provinsi (AKDP) maupun antar kota antar provinsi (AKAP), melainkan melayani rute antar pulau dengan jarak ribuan kilometer.

Panjangnya jarak rute yang ditempuh, para penumpang dapat menghabiskan waktu hingga beberapa hari melalui perjalanan dengan bus. Dilansir dari berbagai sumber, berikut daftar PO bus yang melayani jarak trayek terjauh di Indonesia.

1. PO ALS

Salah satu operator bus yang melayani trayek terjauh di Indonesia adalah PT Antar Lintas Sumatera (ALS). PO bus asal Mandailing, Sumatra Utara yang dijuluki sebagai raja jalanan lintas Sumatera ini, telah berdiri sejak tahun 1966.

Bus Baru PO ALS/Foto: dok.Instagram/@tentrembusofficial

Salah satu trayek terjauh dari PO legendaris ini adalah Medan-Jember (PP), memiliki jarak sekitar 3.000 km. Perjalanan ini memakan waktu lebih dari sekitar 87 jam atau sekitar 4-5 hari, bahkan lebih dari satu minggu.

Berdasarkan dari salah satu platform penjualan tiket bus, trayek Medan-Jember yang dihadirkan oleh PO ALS hadir dengan armada bus kelas eksekutif yang hadir dengan sejumlah fasilitas. Tarif PO ALS Medan-Jember ini dibanderol Rp 910.000,-.

Baca Juga: Harga Lebih Dari Rp1 M, Ini 4 Fitur Andalan Sasis Bus Mercedes-Benz OH 1626 L

2. PO PMTOH

Selanjutnya, operator bus yang menghadirkan layanan trayek terjauh adalah PT Perusahaan Motor Transport Ondernemer Hasan (PMTOH). PO asal Banda Aceh ini jadi salah satu PO tertua di Indonesia, sudah beroperasi sejak tahun 1957.

Bus PO PMTOH/Foto: dok.Instagram/@pmtohbus

PO Bus PMTOH melayani trayek dari ujung Sumatera hingga Jawa, rute terjauhnya Aceh-Solo, memiliki jarak tempuh sekitar 2.663 km , memakan waktu kurang lebih selama 55 jam perjalanan atau lebih.

Untuk keberangkatannya biasanya mulai beroperasi di sore hari kerena PO PMTOH ini juga termasuk sebagai bus malam. Dari beberapa sumber, adapun tarif bus PO PMTOH Aceh-Solo ini dijual dengan harga sekitar Rp 800.000 – Rp 900.000,-

3. PO Putra Pelangi

Selain PO PMTOH, operator bus yang juga berasal dari Aceh yaitu PT Putra Pelangi Perkasa atua yang dikenal dengan PO Putra Pelangi menjadi PO bus yang juga melayani rute terjauh di Indonesia.

Bus PO Putra Pelangi/Foto: dok.Traveloka

Salah satu rute terjauh dari PO yang lahir sekitar tahun 1990-an ini adalah Aceh-Jakarta, berjarak sekitar 2.524 km. Sementara itu, waktu tempuh perjalanan untuk rute ini berkisar lebih dari 45 jam atau sekitar 2 hari bahkan lebih.

Berdasarkan dari salah satu platform penjualan tiket bus, PO Putra Pelangi melayani rute Aceh-Jakarta dengan armada bus kelas eksekutif, dimana tarif tiketnya sendiri dibanderol dengan harga sekitar Rp 700.000,-.

Baca Juga: Mengenal Deretan Sasis Bus Premium Di Indonesia

4. PO Sempati Star

Operator bus yang melayani rute terjauh lainnya adalah PT Bintang Sempati Star atau PO Sempati Star. Dimana PO ini pemain baru di segmen bus AKAP, beroperasi sejak tahun 2012 lalu.

Bus PO Sempati Star/Foto: dok.Instagram/@po_sempatistar

Meski begitu, PO asal Medan, Sumatera Utara ini sudah melayani rute antar pulau, salah satunya rute Jakarta-Medan. Memiliki jarak tempuh sekitar 1.894 km, layanan bus pada rute dapat memakan waktu hingga sekitar 54-62 jam perjalanan.

Dilansir dari salah satu platform penjualan tiket bus, PO Sempati Star melayani rute Jakarta-Medan dengan armada bus kelas patas AC, dimana tarif tiketnya sendiri dibanderol dengan harga sekitar Rp 850.000 hingga lebih dari Rp 1 juta per orang.

5. PO Medan Jaya

Jelas dari namanya, PO Medan Jaya merupakan operator bus asal Medan, Sumatera Utara yang sudah beroperasi sejak tahun 1988. PO penghuni lintas Sumatera ini dijuluki sebagai ‘Sang Peluru dari Medan’ karena terkenal dengan kecepatannya.

Bus PO Medan Jaya/Foto: dok.Instagram/@tentrembusofficial

PO bus ini melayani berbagai rute, salah satu yang tergolong cukup jauh ialah Medan-Jakarta (PP) yang memiliki jarak tempuh mencapai 1.894-1.993 km, memakan waktu perjalanan kurang lebih selama 38-45 jam.

Selain itu, PO Bus Medan Jaya juga menawarkan rute jauh lainnya seperti Tangerang-Medan serta Tangerang-Pekanbaru. Harga tiket bus untuk setiap rute pun berbeda yang dipatok berkisar Rp200.000 hingga Rp510.000 tergantung kelas yang dipilih.

Baca Juga: 7 Jenis Truk Trailer Terbaik Untuk Angkut Muatan Berat, Punya Kapasitas Berbeda

Beberapa PO diatas hanyalah merupakan sebagai PO yang memiliki jarak terjauh, namun, selain PO diatas, masih banyak lagi sejumlah PO yang juga melayani rute-rute terjauh di Indonesia.

Berita Terkait

Berita Terkait