Bagi Pemilik Mobil, Siapkan Dana Ini Untuk Kendaraanmu

Bagi Pemilik Mobil, Siapkan Dana Ini untuk Kendaraanmu

KabarOto.com - Di tengah pandemik, perihal tabungan serta investasi sering dibicarakan. Pasalnya, begitu banyak kejadian yang diluar dugaan seperti PHK massal, berkurangnya sosialisasi langsung, serta kegiatan yang terus dilakukan dari rumah. Hal tersebut tentunya akan mempengaruhi pendapatan harian maupun bulanan, kan?

Sobat KabarOto apakah sudah mengenal dana darurat? Rasanya, hal tersebut terus digalakan saat pandemi demi keberlangsungan hidup kedepannya. Sehingga, saat kondisi seperti saat ini tiba-tiba mengancam pendapatan, kita sudah siap untuk hidup sekian bulan kedepan menggunakan dana darurat.

Baca Juga: Ganti Pelumas Di Rumah Dapat Sembako, Jadi Promo Unik Mobil Lubricants Saat Pandemi

Ternyata hal ini tidak hanya berlaku bagi manusia saja, Sob. Beberapa perencanaan keuangan juga harus dimiliki oleh kendaraan. Tentu saja karena ada biaya-biaya tertenut yang harus dikeluarkan untuk kepentingan kendaraan, salah satunya demi menjaga performa.

Bagi Sobat KabarOto yang memiliki kendaraan Lifepal memberikan tips terkait perencanaan keuangan untuk para pemilik mobil.

Pertama, mobil juga harus memiliki dana darurat. Hal ini dianggap penting karena semakin tua usianya, semakin sering pula pergantian suku cadangnya. Nah, saat suku cadang harus diganti nantinya akan muncul biaya-biaya tak terduga dalam perawatannya.

Jadi, agar tak menguras kantong secara tiba-tiba, Sobat KabarOto bisa menabung setidanya 1 sampai 5 persen dari pemasukan per bulan. Tabungan tersebut dialokasikan sebagai dana darurat mobil.

Baca Juga: Pemilik Peugeot Lawas Dan Baru, Bisa Nikmati Promo Servis Ini

Tips kedua, menurut Lifepal mobil merupakan aset yang akan menambah nilai kekayaan bersih. Semakin tinggi kekayaan bersih, maka makin tinggi pula persentase aset lancar seperti tabungan, kas, dan setara kas yang harus dimiliki.

Lifepal menyarankan bahwa total aset lancar ideal yang harus dimiliki sebesar 15% hingga 20% dari kekayaan bersih.

Selanjutnya, Lifepal mengemukakan bahwa asuransi mobil adalah penting. Ada dua jenis asuransi yang dijelaskan, yaitu All Risk dan Total Loss Only (TLO). All risk akan menanggung seluruh risiko yang terjadi pada kendaraan. Sementara TLO hanya menanggung biaya saat mobil hilang atau mengalami kerusakan total.

Baca Juga: Sempat Turun Drastis, Aktivitas Bengkel Mitsubishi Terus Merangkak Naik

Terakhir, ada kaitannya dengan Sobat KabarOto yang melakukan cicilan saat pembelian mobil. Apabila memutuskan untuk membeli kendaraan secara kredit atau menyicil, sebaiknya perhitungkan terlebih dahulu jumlah cicilan yang harus dibayar setiap bulannya dengan penghasilan kalian.

"Bila besaran cicilan mobil dan utang-utang lainnya masih di bawah 35% dari penghasilan, maka jumlah cicilan itu masih wajar," ujar Financial Educator dan Periset Lifepal Aulia Akbar.