Bahan Bakar Dari Sampah Plastik, Pria Ini Naik Vespa Jakarta-Bali

Bahan Bakar dari Sampah Plastik, Pria Ini Naik Vespa Jakarta-Bali

KabarOto.com - Dua pria asal Jakarta yakni Dimas Bagus dan Aji Samudra yang tergabung dalam Get Plastic community menjadi buah bibir setelah berhasil menyulap limbah sampah plastik yang diolah menjadi BBM altenatif.

Bermodalkan pengetahuan mereka bahwa biji plastik berasal dari minyak bumi, Dimas dan Aji melakukan serangkaian uji coba dan akhirnya berhasil dipakai untuk kendaraan bermotor.

“Berawal dari keresahaan melihat sampah plastik dimana-mana. Terus kita lihat artikel biji plastik dari minyak bumi dan beberapa artikel plastik bisa dikembalikan jadi minyak, akhirnya kita coba untuk coba melakukanya,” ujar Aji, Selasa (17/9/2019) di sela konferensi pers komunitas BBMC.

Untuk proses daur ulang limbah plastik ini pada dasarnya bisa memakai semua jenis sampah plastik, namun harus plastik kering, bukan plastik basah.

“Sebelumnya kita pastikan plastiknya tidak basah, semua plastik bisa asalkan kering. Selanjutnya kita panaskan dengan mengunakan tong dari seng dengan suhu 250 derajat. Melalui proses penyulingan dan vakum, setelahnya hasil dari uap pemanasaan plastik ini kita dinginkan,” terang Aji.

Baca Juga: Bawa Banyak Perubahan, BBMC Rayakan Ultah Ke-31

Hasil dari pendinginan ini yang selanjutnya dapat digunakan sebagai pengganti BBM konvensional, dari 1 kg sampah plastik bisa menghasilkan 1 Liter BBM alternatif.

Hasil karya komunitas Get Plastic ini akan terus disosialisasikan kepada masyarakat serta mengedukasi perihal pemanfaatan limbah plastik untuk didaur ulang menjadi BBM alternatif.

Get Plastic juga melakukan kerjasama dengan banyak pihak dalam pembuatan mesin pengolahaan sampah plastik menjadi BBM. Saat ini Get Plastic sudah memiliki beberapa tempat pengolahaan sampah plastik diantaranya, di Padang, Muara Gembong Bekasi, Leuwigajah Bandung, Banyuwangi, Kalimantan dan Bali.

Aji menambahkan percobaan mereka sempat beberapa kali gagal. Namun keyakinan dan kerja kerasnya berbuah hasil positif. Hasil daur ulang limbah plastik benar-benar menjadi BBM alternatif lewat pengujian langsung menggunakan Vespa yang dikendarai sejauh 1200 km dari Jakarta menuju Bali.