POPULAR STORIES

Bahaya Menyemprot Angin Kompresor Saat Ganti Oli

Bahaya Menyemprot Angin Kompresor Saat Ganti Oli Ilustrasi (DAM)

KabarOto.com - Mengganti oli kendaraan jadi hal wajib untuk menjaga kondisi mesin supaya tetap prima, aman dan nyaman digunakan saat berkendara. Mengganti oli secara teratur dan tepat waktu juga sangat disarankan karena akan membuat kendaraan sobat KabarOto awet.

Satu hal yang perlu diperhatikan ketika mengganti oli adalah ketika menguras oli bekas dari dalam mesin, dianjurkan untuk tidak menggunakan angin kompresor.

Baca Juga: Ganti Filter Tiap Kali Ganti Oli, Ini Penjelasannya

Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM), Ade Rohman mengatakan mesin terdiri dari beberapa bagian komponen yang bergerak. Supaya oli tetap terjaga dan berada di dalam mesin, maka untuk menahannya terdapat komponen seal oli. Komponen inilah yang rawan rusak jika disemprot menggunakan kompresor.

"Menyemprot angin kompresor untuk membersihkan oli bekas, dikhawatirkan tekanan angin yang masuk akan merusak bagian seal oli sehingga bisa lepas atau bergeser dari tempatnya yang mengakibatkan oli keluar atau bocor," ujar Ade Rohman.

Selain itu, angin yang keluar dari kompresor terkadang membawa partikel air dan hal tersebut bisa mengkomtaminasi oli di dalam mesin.

Pada dasarnya, semua jenis kompresor fungsinya adalah untuk menghasilkan angin, namun angin apabila berada didalam tabung kompresor akan lembab dan mengandung air.

Sehingga ketika angin di dalam kompresor dikeluarkan akan membawa partikel air yang masuk hingga terjebak di dalam bak mesin sepeda motor.

Baca Juga: Rawan Dol, Begini Cara Perlakukan Baut Saat Ganti Oli

"Jika hal tersebut terjadi khawatir akan mengkontaminasi oli. Hasilnya berpotensi akan membuat beberapa komponen di dalam mesin akan menimbulkan karat" jelasnya.

Supaya lebih aman, sebaiknya oli bekas dikeluarkan mengalir dengan sendirinya.