POPULAR STORIES

Bahayanya Mendengarkan Musik Saat Mengendarai Motor

Bahayanya Mendengarkan Musik Saat Mengendarai Motor

KabarOto.com - Kecelakaan sepeda motor jumlahnya sampai saat ini kian meningkat. Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya kecelakaan di jalan raya, beberapa di antaranya adalah manusia dan juga kendaraan.

Manusia atau pengendara motor biasanya lalai saat mengemudikan kuda besinya. Salah satu kelalaian adalah menggunakan earphone yang terkoneksi dengan handphone melalui bluetooth.

Mereka biasanya mendengarkan musik sambil berkendara dengan alasan agar tidak mengantuk. Tanpa disadari ini membahayakan dirinya dan juga orang lain.

Baca Juga: Tutup Tahun, Astra Honda Motor Gelar Kegiatan Safety Riding Nyaris 1500 Kali

Mengendarai motor harus fokus tidak disarankan menggunakan earphone

Ludhy Kusuma, Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora, mengatakan, menggunakan earphone dapat menyebabkan pengendara tidak waspada akan adanya suara-suara darurat di jalan raya, seperti klakson, sirine ambulance, sirine polisi, atau bunyi sirine pintu palang kereta api.

“Suara atau peringatan tersebut tidak boleh kita abaikan," terangnya. Karena, menurut dia beberapa peringatan tujuannya untuk mengetahui, dan mengkondisikan jalan raya agar lebih aman dalam keadaan darurat.

Mendengarkan musik dengan volume yang keras saat berkendara dapat menghilangkan fokus. Saat asik bernyanyi, konsentrasi terbagi, dan tidak bisa mengendalikan motor saat ada dalam situasi berbahaya.

Selain itu menurut Ludhy, volume suara earphone yang terlalu kencang saat mendengarkan musik juga dapat menghilangkan suara-suara ketika terjadi sesuatu pada kendaraan kita.

“Misal ada suara pada mesin yang tidak wajar, atau suara pada roda yang membahayakan pengemudi," tambahnya.

Baca Juga: Laris Di Bandung Dan Bekasi, Honda ADV150 Targetkan Terjual 2.500 Unit Perbulan

Menurutnya masih banyak lagi hal berbahaya yang harus diprediksi, untuk meminimalisir terjadinyakecelakaan.

"Dan terpenting adalah kendalikan kecepatan sesuai aturan, gunakan perlengkapan berkendara yang aman," tutupnya.