POPULAR STORIES

Bakal Persingkat Waktu Tempuh, Tol Pekanbaru - Dumai Ditargetkan Selesai April 2020

Bakal Persingkat Waktu Tempuh, Tol Pekanbaru - Dumai Ditargetkan Selesai April 2020 Gerbang Tol Pekanbaru (PUPR)

KabarOto.com - Pemerintah, melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), tengah mengebut pembangunan Tol Pekanbaru - Dumai. Saat ini, proses konstruksi telah mencapai 87,74% dan ditargetkan beroperasi pada akhir April 2020.

"Kita harapkan akhir April 2020 sudah selesai, sehingga saat Lebaran bisa dilalui," ujar Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi), saat meninjau proses pembangunan akhir pekan lalu.

Baca Juga: Menjajal Peugeot 3008 Allure Plus Dengan Rute Jakarta-Solo

Lebih lanjut Jokowi mengatakan, keberadaan tol ini bisa mempersingkat waktu tempuh sekitar 1,5 hingga 2 jam. "Dulu pada ruas jalan nasional Pekanbaru - Dumai waktu tempuhnya 4 sampai 5 jam," tuturnya.

Selain itu, ruas Tol sepanjang 131 kilometer ini akan akan meningkatkan konektivitas Kota Pekanbaru sebagai Ibu Kota Provinsi Riau dengan Kota Dumai sebagai kota pelabuhan dengan industri perminyakan dan agribisnis.

Menjadi bagian dari tol Trans Sumatera

Jokowi juga mengatakan, kehadiran tol ini akan mempercepat mobilitas orang dan logistik, mengingat lalu lintas harian rata-rata (LHR) pada Trans Sumatera mencapai 75%. Angka ini lebih tinggi dari tol Trans Jawa.

"Tol ini akan memperpendek jarak tempuh antara Pekanbaru - Dumai menjadi 131 kilometer, di mana melalui jalan nasional jaraknya 200 kilometer," ungkap Jokowi dalam keterangan resminya.

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, manfaat lain dari Tol Pekanbaru - Dumai adalah membuat jalan nasional lebih awet karena tidak dilewati kendaraan berat.

"Saya kira truk pengangkut bahan seperti sawit bisa pindah menggunakan jalan tol dengan pertimbangan hitungan waktu. Dengan tol ini, pengguna dapat menghitung waktu perjalanan bahan dari asal sampai ke pabrik," jelas Basuki.

Baca Juga: Galeri Foto Peugeot 3008 Dan 5008 Allure Plus

Tol Pekanbaru - Dumai dibangun dengan total biaya investasi Rp 16,21 triliun. Tol ini merupakan bagian dari Tol Trans Sumatera sepanjang 2.799,3 km yang membentang dari Lampung hingga Aceh dan ditargetkan akan selesai pada akhir tahun 2024.

Tol ini terdiri dari enam seksi yakni Seksi I Pekanbaru - Minas (9,5 km), Seksi II Minas - Petapahan (24,1 km), Seksi III Petapahan - Kandis Utara (16,9 km), Seksi IV Kandis Utara - Duri Selatan (26,25 km), Duri Selatan - Duri Utara (29,4 km), dan Seksi VI Duri Utara - Dumai (25,44 km).