POPULAR STORIES

Balapan Di Rumah? Bisa, Racelab Sim Racing Punya Solusinya

Balapan di Rumah? Bisa, Racelab Sim Racing Punya Solusinya Dok : Deddy KabarOto

KabarOto.com – Balapan mungkin jadi hobi bagi beberapa orang, tapi perlu kita ketahui balapan mobil itu butuh modal yang besar, teknik menyetir yang mumpuni dan pastinya punya risiko tinggi. Oleh karena itu, jika suka balapan namun tidak harus turun sirkuit dan minim risiko, maka simulator balap adalah jawaban tepat.

Racelab Sim Racing salah satu penyedia simulator rig proper di Indonesia, idenya mulai sejak 2019 namun baru mulai pada 2020. Karena Racelab melihat celah hobi baru ketika pandemi, salah satunya simulasi balap di rumah.

Bukan asal jadi, tapi Racelab juga menggunakan perangkat berkualitas dan produksi lokal tentunya. “Kita untuk bahan ada pabrik sendiri dan produksi in house, itulah kenapa Racelab bisa menjual dengan harga kompetitif, namun memakai bahan premium,” jelas Erick Derian punggawa dari Racelab Sim Racing.

Baca juga: Impresi Jajal Jakarta International E-Prix Circuit Di Simulator Balap Racelab Sim Racing

Untuk rangka, dan jok semua dibuat sendiri menggunakan desain orisinal. Lalu untuk plat penyangga digunakan bahan karbon steel karena dinilai lebih solid ketimbang bahan alumunium biasa.

Sementara perangkat, Racelab juga menyediakan sesuai budget konsumen mereka melayani pembelian rangkanya saja, ataupun satu paket. Jadi dalam satu paket sudah termasuk layar, komputer desktop (PC), pedal, dan setir.

“Kita buat berdasarkan order konsumen, jadi jarang sekali kita ada ready stock. Karena kita mengutamakan bespoke, ibarat kalian beli Rolls-Royce itu kan kalian pilih warna, bahan interior, dan lainnya. Jadi kita mau setiap simulator itu unik,” jelasnya.

Warna dan livery bisa disesuaikan selera konsumen.

Soal warna juga kalian juga bisa pilih sesuai selera, begitu juga desain livery di jok, tapi ada biaya tambahan sekitar Rp 800 ribuan jika ingin tampilan jok lebih mencolok.

Begitu juga setir, Racelab menyanggupi untuk mereplika sesuai pesanan konsumen, bahkan mereka membuat setir dari mobil F1-75 milik Charles Leclerc. Bukan hanya modelnya yang mirip, tapi baik monitor di setir, tombol-tombolnya semua dipakai standar kompetisi aslinya dan berfungsi semua loh, namun perlu ada tambahan biaya tentunya.

Baca juga: Kursi Kantor Serasa Di Kabin Mercedes AMG

Lalu Racelab juga dalam setiap pembelian akan menanyakan selera calon pembeli. “Kita biasanya meeting dulu untuk membahas seperti biasanya main game apa, misalnya F1, reli dan sebagainya. Di situ nanti kita rekomendasi setirnya pakai apa, monitornya seperti apa dan sebagainya,” papar Erick.

Tampilan starter kit yang ditawarkan Racelab.

Soal harga, Racelab memang tidak memiliki daftar harga resmi, karena setiap konsumen pasti memiliki kebutuhan berbeda-beda. Namun harga paling dasar, dan paket paling dasar starter kit itu dibanderol Rp 45 jutaan sudah satu paket (termasuk rangka, monitor, setor, jok livery, dan PC). Racelab juga memberikan garansi satu tahun, bila ada kerusakkan tergantung seperti apa dan karena apa.

Tidak hanya itu, Racelab juga menyediakan versi Motion, sehingga simulatornya bisa bergerak sesuai keadaan di game. Soal harganya dimulai dari Rp 250 jutaan, dan itu sudah komplet semuanya.

Simulasi Motion memiliki penggerak di keempat sisi untuk memberikan sensasi mengemudi lebih nyata.

Sementara jika kalian ingin membeli hanya rangkanya saja itu dibanderol mulai dari Rp 8,3 jutaan untuk tipe Forte Lite yang cocok untuk ruangan kecil, lalu Rp 10,8 jutaan untuk tipe Forte dengan ukuran sedikit lebih besar.

Untuk pemesanannya memang menunggu antrian, namun biasanya versi Forte Lite dan Forte sekitar 5-10 hari kerja. Namun Motion itu 1-2 bulan, tergantung pesanannya seperti apa. Jadi, bagaimana tertarik sob?