POPULAR STORIES

Impresi Jajal Jakarta International E-Prix Circuit Di Simulator Balap Racelab Sim Racing

Impresi Jajal Jakarta International E-Prix Circuit di Simulator Balap Racelab Sim Racing Dok : Deddy KabarOto

KabarOto.com – Beberapa saat lalu KabarOto sempat main ke kantor sekaligus workshop Racelab Sim Racing di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat.

KabarOto pun sempat dipersilahkan menjajal simulator di sana. Menariknya game Assetto Corsa yang KabarOto coba sudah ada replika Jakarta International E-Prix Circuit, jadi sangat update dengan tampilan mendekati aslinya.

Baca juga: Kursi Kantor Serasa Di Kabin Mercedes AMG

Untuk masuk ke tempat duduk memang harus ada tekniknya seperti mobil balap pada umumnya, namun perlu diketahui tumpuan tangan tidak boleh memegang setir karena khawatir mengurangi umur pakai setir, jadi disarankan ketika masuk memegang bagian rangka dari simulator saja.

Posisi duduk juga bisa disesuaikan, tinggal geser sesuai posisi ideal. KabarOto menggunakan mobil BMW GT4 untuk menjajal sirkuit Ancol. Namun jika Sobat KabarOto mengira mengemudikannya mudah seperti di gim arcade, anda salah besar.

Pasalnya baik respon setir, dan berat pedalnya jika dibanding mobil sungguhan yang dipakai harian, itu sangat berbeda jauh. Sebab memang simulator ini didesain agar mendekati mobil balap aslinya dengan beban sekitar 9 Nm.

Perpindahan gigi dilakukan dengan paddle shift, namun tidak menutup kemungkinan jika Sobat KabarOto mau menggunakan tuas transmisi atau rem tangan nantinya.

Baca juga: Tampil Keren Dengan Jam Tangan Honda Civic Type R

Bagi yang tidak terbiasa, mungkin akan susah mengendalikan setirnya. Harus melakukan beberapa kali putaran agar terbiasa mengendalikan setir dan mempelajari denah treknya. KabarOto juga sempat beberapa keluar trek dan menabrak pembatas, karena telat mengerem di tikungan U turn.

Respon pedal juga cukup berat, terpenting di sini adalah cara mengemudinya. Anda harus terbiasa menggunakan dua kaki sekaligus untuk mengatur pedal rem dan akselerasi. Kebiasaan orang pada umumnya saat menggunakan model transmisi otomatis, saat menyetir hanya pakai kaki kanan saja untuk gas dan rem.

Kesimpulannya, sangat menarik jika Sobat KabarOto ingin memiliki simulator ini di rumah, kita bisa balapan sesuka hati dengan mobil apapun bahkan Formula 1, di sirkuit manapun, tanpa adanya risiko, dan menghabiskan dana besar.

Namun yang terpenting, bisa belajar menggunakan kaki untuk masing-masing pedal khusus kendaraan bertransmisi otomatis.