POPULAR STORIES

Bamsoet: Bekali Kemampuan Berkendara Pengawalan VIP Dan VVIP

Bamsoet: Bekali Kemampuan Berkendara Pengawalan VIP dan VVIP Pengawalan VIP dan VVIP (Foto: istimewa)

KabarOto.com - Sesaat setelah terpilih menjadi Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI), Bambang Soesatyo membuat banyak gebrakan. Selain mengisi pengurus IMI dengan orang-orang profesional, yang akan fokus terhadap motorsport Indonesia. Pria yang akrab dipanggil ini Bamsoet juga fokus terhadap keselamatan di jalan raya.

Bamsoet rencananya akan memberikan pelatihan safety riding dan driving kepada Polri, TNI, BIN, BNPT, BNN, KPK, sampai Pasukan Pengaman Presiden yang melakukan pengawalan VIP dan VVIP. Ini dilakukan untuk memastikan kemampuan pengawalan yang terus ditingkatkan setiap waktu.

Baca Juga: Bamsoet Rangkul Pembalap Nasional Jadi Pengurus IMI

"IMI memiiki program kerja training of trainer (TOT) kepada personel Polri, BIN, dan TNI untuk pengawalan VIP hingga VVIP," terang Bamsoet dalam keterangan resmi. Nantinya, kemampuan pengawalan yang mereka miliki untuk safety dan defensive driving terus meningkat.

Patroli Pengawal

Pelatihan ini diyakinkan perlu, karena saat ini teknologi sepeda motor terus berkembang. Sehingga menurut Bamsoet harus ada penambahan pengetahuan dan kemampuan, seperti teknik pengoperasian kopling, memaksimalkan berat kendaraan, sampai pengereman.

Bahkan untuk menjalankan TOT, Ketua MPR ini akan merangkul pembalap dalam negeri untuk berbagi ilmu kepada peserta pelatihan. Para peserta akan diajarkan berbagai teknik bermanuver, mengintai, escape, hingga menghindari kecelakaan di tengah situasi jalan yang sedang tak terkendali.

"Prinsipnya, safety driving menekankan keterampilan berkendara berdasarkan standar keselamatan," terangnya lagi. Sementara itu, defensive driving akan menekankan pendekatan intelektual tentang bagaimana cara mengemudi dengan aman, benar, efektif, efisien. "Dapat bertanggungjawab dan mampu keluar dari situasi sulit saat menghadapi sergapan," tambahnya.

Kemudian para peserta yang biasa melakukan pengawalan terhadap tamu VIP atau VVIP, ini nantinya akan menurunkan ilmu pengetahuannya kepada masyarakat. Diharapkan, ke depan dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas.

Baca Juga: Bamsoet Apresiasi Langkah IMI Kalsel Bantu Korban Banjir

Politisi Partai Golkar ini juga menyatakan, dalam buku Potret Lalu Lintas di Indonesia Tahun 2019 yang dikeluarkan Korlantas Polri, tahun 2018 tercatat ada 141.428.052 unit kendaraan bermotor di Indonesia. Sebanyak 81,58 persennya, sepeda motor. Dan di sepanjang tahun itu, dari 196.457 kecelakaan lalu lintas, 73,49 persennya melibatkan sepeda motor.