POPULAR STORIES

Ban Baru Pirelli Lebih Baik Untuk Keselamatan Pembalap, Ini Kata Toto Wolff

Ban Baru Pirelli Lebih Baik Untuk Keselamatan Pembalap, Ini Kata Toto Wolff

KabarOto.com – Pirelli akan melakukan perubahan pada sektor konstruksi bannya untuk musim Formula 1 2021. Pengetesan sendiri sudah dilakukan beberapa kali tepatnya saat sesi latihan bebas di Portimao, dan Bahrain baru-baru ini.

Mungkin bagi beberapa pembalap ban ini terasa kurang cocok, namun berbeda pendapat bagi Kepala Tim Mercedes AMG, Toto Wolff yang mengganggap bahwa keputusan Pirelli sudah benar.

“Pirelli telah melakukan hal yang benar dalam meningkatkan kekuatan ban F1, sehingga dapat menghindari terulangnya kegagalan yang mengerikan seperti kita lihat musim ini, kecelakaan Lance Stroll di Mugello dan Max Verstappen di Imola,” paparnya.

Pirelli berencana untuk memperkenalkan ban baru dengan konstruksi yang lebih kuat untuk tahun depan, dalam upaya meminimalkan risiko kegagalan saat downforce mobil meningkat. Setiap tahun efek downforce semakin besar, oleh karenanya harus diimbangi ban tersebut.

Bagi Wolff keselamatan adalah hal paling utama, “Ban saat ini tidak akan pernah memberikan integritas dan kekokohan untuk menghadapi aerodinamika yang terus meningkat. Integritas dan keamanan adalah yang utama,” jelasnya.

Memang perubahan ini memiliki dampak sendiri, di mana dapat dimengerti bahwa dari sudut pandang pembalap. Ketika mereka memakai ban baru, kurang memberikan daya cengkeraman dan bobotnya lebih berat. Karenanya, akan menciptakan lebih banyak understeer dan grip berkurang ketimbang sebelumnya.