POPULAR STORIES

Ban Hankook Laporkan Keuangan Kuartal Kedua 2021

Ban Hankook Laporkan Keuangan Kuartal Kedua 2021

KabarOto.com - Produsen ban global Hankook Tire & Technology (Hankook Tire) mengumumkan laporan finansial perusahaan periode kuartal II-2021, dengan penjualan konsolidasi global mencapai KRW 1,80 triliun dan laba operasional mencapai KRW 187,1 milyar.

Hankook Tire mampu melewati kuartal II dengan tangguh berkat peningkatan penjualan dan laba operasional, masing-masing sebesar 32,4% dan 167,1% secara YoY (year-on-year) dan 11,7% dan 0,6% secara QoQ (quarter-on-quarter).

Baca Juga: Ban Baru Hankook Jadi Andalan BMW X3 M Dan X4 M

Penjualan segmen ban peralatan orisinal (original equipment / OE) dan ban peralatan pengganti (replacement equipment / RE) sama-sama mengalami pertumbuhan dibandingkan tahun lalu. Kemudian, penjualan global pada ban ukuran 18 inci ke atas berkontribusi 38% untuk total penjualan mobil penumpang dan truk ringan, meningkat 5,4% secara YoY.

Peningkatan penjualan juga serentak terjadi di sejumlah negara utama, seperti Eropa, Amerika Utara, dan Tiongkok sejak pertengahan kedua tahun lalu. Khususnya, pada periode ini terjadi pemulihan permintaan pasar di Eropa dan Amerika.

Baca Juga: Penetrasi Pasar Mobil Listrik, Hankook Jadi Ban Audi E-tron GT

Eropa mencatat peningkatan penjualan sebesar 6% pada ban berukuran 18 inci ke atas, ditambah peningkatan pesat pada pasar OE dan RE. Kemudian Amerika turut mencatat pertumbuhan tahunan yang pesat bagi ban high-inch, ban OE, dan ban RE, bahkan lebih cepat dari pemulihan permintaan pasar.

Tiongkok sendiri mencatat peningkatan serupa untuk ban high-inch mencapai 8%p, sehingga membantu trafik penjualan lebih stabil dan mendorong pertumbuhan kualitatif.

President Director PT. Hankook Tire Sales Indonesia Yoonsoo Shin mengungkapkan, "Penjualan di Indonesia sendiri secara kuartal mengalami pertumbuhan stabil dengan kontribusi dominan dari penjualan ban ukuran besar (high-inch) yang diminati segmen kendaraan SUV."