Vulkanisir Ban Boleh Digunakan Atau Tidak?

Vulkanisir Ban Boleh Digunakan atau Tidak? Proses pembuatan ban vulkanisir (Foto: istimewa)

KabarOto.com - Ban Vulkanisir, merupakan karet bundar yang telapaknya sudah habis (gundul) kemudian diberikan telapak baru kembali agar bisa digunakan. Biasanya, Perusahaan Otobus atau truk pengangkut logistik yang menggunakan ban vulkanisir ini.

Alasannya, adalah efisiensi pengeluaran. Karena harganya lebih murah dari ban baru. Biasanya, digunakan di bagian belakang. Ban Vulkanisir ini dipercaya cukup awet, dan aman digunakan.

Baca Juga: Pabrikan Tanggapi Ban Vulkanisir Yang Digunakan Bus

Bridgestone, salah satu produsen ban terkemuka di dunia menanggapi tentang hal ini. Mulyana, Commercial Marketing Manager PT Bridgestone Tire Indonesia mengatakan, ban vulkanisis boleh saja digunakan, selama kualitasnya bagus.

Produk-produk Bridgestone (Foto:Bridgestone Tire Indonesia)

"Kami menilai tidak masalah. Mungkin yang jadi masalah adalah vulkanisir di Indonesia masih sedikit yang memiliki kualitas yang bagus," terangnya. Karena, para pengusaha jasa transportasi, banyak yang menggunakan ban vulkanisir dari hasil home industry. Mereka belum Good Manufacture Practice (GMP). "Sehingga tidak ada jaminan kualitas dan keamanan bagi penggunanya," jelasnya.

Bridgestone sendiri, menurutnya dalam posisi tidak menyarankan atau melarang penggunaan ban vulkanisir. "Keputusan kembali kami serahkan ke pelanggan," tambahnya. Sebagai pabrikan ban, Bridgestone menyarankan, jika pelanggan memutuskan untuk menggunakan ban vulkanisir, sebaiknya memilih ban dengan kualitas baik agar lebih aman di jalan.

Selain itu, menurutnya kenali juga kinerja ban vulkanisir tersebut dari review atau pengalaman pelanggan lain. Selain itu, agar memilih ban vulkanisir yang sudah jelas reputasi kualitasnya."

"Pilih ban yang dibuat dengan fasiliatas dan proses produksi yang bagus serta seleksi casing yang ketat," tambah dia. Bridgestone ternyata, memiliki produk vulkanisir yang diklaim kualitasnya teruji. "Kami memiliki Bandag, produk vulkanisir ban dari group Bridgestone yang dijamin kualitasnya," tutur Mulyana.

Baca Juga: PO Bus Akui, Gunakan Ban Vulkanisir Untuk Mengurangi Biaya

Bridgestone sendiri memperbolehkan ban mereka divulkanisir. Oleh karenanya, Mulyana merekomendasikan agar ban vulkanisir dikendaraan para konsumen menggunakan produk vulkanisir dari Bandag. "Sebab produksinya sudah sesuai standar Good Manufacture Practice, sehingga terjamin kualitas ban yang digunakan."