Bandung Perketat Masa AKB, Buka Tutup Ruas Jalan Dilanjutkan

Bandung Perketat Masa AKB, Buka Tutup Ruas Jalan Dilanjutkan

KabarOto.com - DKI Jakarta baru saja mengubah masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi mejadi PSBB ketat mulai 14 September kemarin. Beberapa sektor harus mengalami perubahan peraturan, misalnya kendaraan pribadi memiliki batas kapasitas maksimum. Hal ini tentunya memberi dampak kepada kota-kota lainnya, tak terkecuali Bandung.

Setelah menerapkan PSBB, Kota Bandung berubah fase menjadi Adaptasi Kebisaan Baru (AKB). Mirip seperti PSBB Transisi, masa tersebut sudah memberi izin masyarakat untuk kembali beraktivitas seperti biasa. Tentunya, ada protokol kesehatan baru yang harus diterapkan.

Baca Juga: Jumlah Ruas Jalan Yang Buka Tutup Di Kota Bandung Bertambah

Saat ini Pemerintah Kota Bandung memperketat pelaksanaan AKB, salah satu caranya yaitu memberi sanksi berat kepada pelanggar protokol kesehatan. Tindakan ini sesuai dengan Peraturan Wali Kota (Perwal) Bandung Nomor 37 tahun 2020 tentang Pedoman Pelaksanaan AKB Dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

Mengingat PSBB awal pandemi, beberapa titik khususnya perbatasan antar-wilayah ada titik cek poin yang dijaga oleh petugas untuk mengecek kelengkapan protokol kesehatan.

Nampaknya, AKB yang diperketat kali ini Pemerintah Kota Bandung tak memilih untuk menerapkan posko cek poin lagi. Walau begitu, penutupan sejumlah ruas tetap dilakukan. Oh ya, saat ini Kota Bandung berada di zona oranye.

Baca Juga: Ini 4 Titik Dan Jadwal SIM Keliling Yang Buka Selama PSBB

"Untuk buka tutup jalan masih tetap ada. Dari pukul 21.00 WIB sampai pukul 06.00 WIB," jelas Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Bandung, Oded M. Danial juga mengingatkan warga Kota Bandung bahwa masa AKB bukanlah tanda bahwa pandemi sudah usai. Di masa ini warga harus meningkatkan kewaspadaan dan kedisiplinan protokol kesehatan.