POPULAR STORIES

Bangun Pabrik Saat Wabah Corona, Hyundai Pastikan Keselamatan Dan Kesehatan Pekerja

Bangun Pabrik Saat Wabah Corona, Hyundai Pastikan Keselamatan dan Kesehatan Pekerja

KabarOto.com - Dalam situasi Pandemi Covid-19, PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) tetap melanjutkan pembangunan pabrik di Cikarang, Jawa Barat. YoonSeok Choi, Presiden Direktur PT. Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) memastikan dan selalu memperhatikan keselamatan serta kesehatan karyawan. Karena menurut dia itu hal yang paling utama. HMMI menerapkan peraturan kebersihan yang lebih ketat, dan secara aktif mendisinfeksi tempat bekerja secara berkala.

Yoonsek pun mengatakan, pihaknya menghormati keputusan pemerintah Indonesia dan telah berusaha keras untuk menerapkan aturan physical distancing yang ketat. "Kami berharap masa sulit ini akan segera berlalu bagi kita untuk dapat kembali lebih kuat,” terang YoonSeok dalam siaran persnya, Jum'at (17/4).

Baca Juga: Pandemik Covid-19, Pembangunan Pabrik Hyundai Di Cikarang Tetap Berjalan

Demi menjamin kesehatan dan keselamatan para pekerjanya, Hyundai memberlakukan langkah-langkah kebersihan dan physical distancing yang ketat di pintu masuk pabrik serta area kantor. Termasuk juga aktivitas pembangunan pabrik yang saat ini fokus dalam pengerjaan peralatan, menghindari kontak manusia.

Yoonsek menambahkan, Hyundai juga memberlakukan pemeriksaan kesehatan dan distribusi masker di area transit, pemantauan suhu untuk karyawan, serta membatasi akses personal di pintu masuk pabrik. Peraturan kebersihan yang diterapkan secara lebih ketat di area kantor adalah dengan menerapkan physical distancing, meningkatkan frekuensi dan ketepatan upaya sanitasi. Contohnya termasuk sistem pembersihan berkala dan pemberian disinfektan.

Sebagai bagian dari tanggung jawabnya untuk memastikan karyawan merasa aman, Hyundai juga menyediakan fasilitas kesehatan berstandar, seperti kemitraan dengan rumah sakit terdekat untuk situasi darurat, penetapan pusat medis dengan tenaga medis yang siap siaga, ambulans di lokasi untuk situasi darurat, ruang karantina darurat, dan suplemen bergizi serta vitamin.

HMMI juga menjamin, semua pedoman yang dibutuhkan telah dilaksanakan dengan optimal, dan tidak ada pekerja yang dipaksa untuk terus masuk ke pabrik jika dalam kondisi tidak sehat.

Baca Juga: Hyundai Kembali Beri Bantuan Tes Drive-Thru Pendeteksi Virus Corona

Selain melindungi karyawannya dari risiko virus Corona, keselamatan karyawan di pabrik juga merupakan hal yang penting. Pabrikan asal Korea Selatan ini membangun zona edukasi virtual. Di mana karyawan dapat mencoba sabuk pengaman, penggunaan tangga, kecelakaan keselamatan, dan pemadam api di dalam dunia virtual, sebagai bagian dari pelatihan untuk mencegah kecelakaan keselamatan secara efektif.