POPULAR STORIES

Banjir Melanda, Mobil SUV Bakal Jadi Pilihan?

Banjir Melanda, Mobil SUV Bakal Jadi Pilihan? Ilustrasi mobil menerabas genangan air (KO/Kipli)

KabarOto.com - Curah hujan tinggi di Jakarta sejak selasa (01/01) hingga Rabu pagi (02/01) membuat sejumlah wilayah di Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi terendam banjir.

Menurut data yang dihimpun Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), titik terparah banjir berada di Bekasi, Jawa Barat. Tak hanya di daerah pemukiman, banjir juga memenuhi beberapa titik jalan di sejumlah tempat.

Baca Juga: BMW Astra Siap Evakuasi BMW Dan MINI Korban Banjir

Ketinggian banjir di beberapa ruas jalan pun bervariasi, mulai belasan centimeter hingga mencapai 25 cm seperti yang terjadi di pintu Tol Yos Sudarso. Alhasil, beberapa kendaraan menjadi bermasalah ketika terpaksa menerjang banjir.

Terutama yang memiliki ground clearance (jarak pijak) rendah seperti sedan, maupun city car. Adanya kejadian tersebut, membuat mobil dengan jarak pijak tinggi seperti SUV diprediksi bakal menjadi pilihan bagi masyarakat pada 2020.

Ground clearance tinggi bakal menjadi pilihan

“Di luar bencana banjir pun, mobil jenis SUV sedang menjadi tren belakangan ini," ujar Anton Jimmy Suwandi selaku Marketing Director PT Toyota Astra Motor.

Lebih lanjut pria ramah tersebut menyebut, bahwa SUV memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan jenis mobil lainnya selain faktor jarak dari tanah ke mobil.

"Dari styling, packaging, dan multi pusposenya, tren ini berlaku global, termasuk untuk SUV premium," kata Anton.

Ia pun optimis, pada tahun 2020 ini, penjualan SUV Toyota seperti Fortuner, dan Rush bakal mengalami peningkatan permintaan.

"Kita targetnya ada kenaikan sekitar 5 persen dibanding tahun sebelumnya, tapi tetap tergantung market," tutur Anton.

Sementara Arviane Dahniarny Bahar selaku Public Relation and Digital Manager DFSK mengatakan, mobil jenis SUV memang akan menjadi primadona pada 2020 ini.

Baca Juga: Suzuki Peduli Banjir Sediakan Towing Gratis Untuk Mobil Suzuki Yang Terjebak Banjir

Ia menilai, SUV memang cocok untuk menghadapi genangan air yang kerap ditemui di sejumlah jalan ibukota pada musim hujan.

"SUV memang di desain untuk berbagai medan, pengaruh banjir mungkin bisa jadi salah satu penentu untuk pembelian kendaraan. Namun pastinya, konsumen akan menyesuaikan pula dengan kebutuhan sehari-hari mereka," jelas Arviane.

DFSK Glory 560

Saat ini, DFSK memiliki salah satu produk SUV unggulan, yakni Glory 560. Model anyar tersebut dibekali air intake yang posisinya cukup tinggi, sehingga aman melewati banjir. "Jarak pijaknya tinggi masih bisa untuk melibas ketinggian air yang wajar," tutup Arviane.