Bantalan Isolasi Seismik Bridgestone Pastikan Keamanan Olimpiade Tokyo 2020

Bantalan Isolasi Seismik Bridgestone Pastikan Keamanan Olimpiade Tokyo 2020 Foto: Skycrapercity

KabarOto.com - Bridgestone Corporation (Bridgestone), merupakan mitra Olimpiade dan Paralimpiade Global. Pada (19/06), mereka mengumumkan bakal memasok bantalan isolasi seismik untuk dua arena permanen yang baru dibangun, dan akan menjadi lokasi pertandingan Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020 di Jepang.

Bridgestone yang sudah berdiri sejak 90 tahun lalu ini menyediakan teknologi perlindungan gempa yang canggih pada Tokyo Aquatics Center. Nantinya, di tempat itulah kompetisi renang, menyelam, dan renang artistik akan diadakan.

Sobat KabarOto mungkin penasaran nih, sebenarnya bantalan isolasi seismik itu apa sih? Teknologi ini adalah penyangga struktural yang fleksibel, dan mampu mengisolasi struktur dari tanah untuk mengurangi penyebaran guncangan seismik. Sehingga memungkinkan kerusakan pada saat terjadi gempa bumi.

baca Juga: Bridgestone Akan Perkenalkan Ban Baru Untuk Segmen Sporty

Seperti yang diketahui, Jepang merupakan Negara yang sangat sering mengalami gempa. Bahkan tidak sedikit penduduk Jepang yang membangun rumah menggunakan kayu, agar kerusakan yang dialami bisa lebih mudah diperbaiki.

Bantalan ini berdiameter antara 600 mm hingg 1.800 mm, dan dipasang di bawah atap bukan di bawah pondasi. Jenis instalasi ini sering digunakan pada bangunan dengan bentuk hall atau dome dengan ruang terbuka yang luas, seperti arena olahraga.

Baca Juga: Bridgestone Siap Support Sejumlah Kompetisi Motorsport Tahun 2019

"Bantalan isolasi seismik kami akan membantu untuk memastikan para pengunjung mendapatkan pengalaman yang aman dan menyenangkan bagi semua pengunjung ke dua tempat yang sangat dinanti ini selama Tokyo 2020 dan selama bertahun-tahun yang akan datang," ujar Tomohiro Kusano, Wakil Presiden dan Pejabat Senior.

Setelah Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020, bantalan isolasi seismik Bridgestone yang dipasang di Tokyo Aquatics Center dan Ariake Arena akan terus berkontribusi pada keselamatan kedua tempat tersebut. Karena setelahnya akan digunakan untuk acara domestik dan internasional.

Baca Juga: Bridgestone Resmikan Jaringan TOMO Ke-300 Di Surabaya

Ternyata bukan bantalan ini bukan hal baru loh, karena Bridgestone telah mengembangkan dan membuat teknologi isolasi seismik di Jepang sejak 1984. Dan sekarang sudah digunakan di berbagai fasilitas di jepang bahkan seluruh dunia.

Seperti Stasiun Tokyo dan Balai Kota Los Angeles, Amerika Serikat. Untuk tempat lain seperti tempat fasilitas kesiapsiagaan bencana, gedung pemerintah, rumah sakit, fasilitas komersial, komplek apartemen, dan tempat tinggal, tentunya masih banyak tempat lain yang menggunakan bantalan ini.