POPULAR STORIES

Banyak Jalur Ekstrem, Begini Rasanya Terabas Pakai Honda CRF150L

Banyak Jalur Ekstrem, Begini Rasanya Terabas Pakai Honda CRF150L Banyak Jalur Ekstrem, Begini Rasanya Terabas Pakai Honda CRF150L (Kipli/ AHM)

KabarOto.com - Undangan dari Astra Honda Motor (AHM) untuk pelatihan safety riding di kawasan Jawa Barat, sampai ke meja redaksi KabarOto beberapa waktu lalu (01/08). Test rider pun tak menyia-nyiakan kesempatan ini untuk mengasah keterampilan berkendara.

Nyatanya, di lokasi Kota Baru Parahyangan, Bandung Barat, briefing untuk safety riding hanya dilakukan selama kurang lebih 10 menit saja. Sisanya, para wartawan yang didampingi instruktur dari Astra Honda Motor (AHM) dan Daya Adicipta Motora (DAM), diajak untuk langsung 'tempur' ke medan terabas.

Melahap trek yang dibagi dalam 5 etape tersebut, pihaknya menyediakan motor garuk tanah Honda CRF150L lengkap dengan safety apparel agar berkendara makin aman. Test rider KabarOto pun mulai berusaha fokus untuk melibas tiap rintangan yang ada.

Tak main-main, rintangan yang menghadang pun bermacam-macam, mulai gravel, gunung kapur, savana, kubangan, hutan, jurang, hingga tanjakan dan turunan yang lebih dari 45 derajat di tiap etape, harus dilewati untuk bisa mencapai titik akhir.

Baca Juga: Bukan Masyarakat Desa, Ini Pasar Terbesar Konsumen Honda CRF150L

Rute dimulai dari Kota Baru Parahyangan - Gunung Bakung - Bukit Puter - KBA Cidadap. Lalu Etape 2 mulai dari KBA Cidadap - Pranaraksa dan Geotheater Hawu Pabeasan. Etape 3 mulai dari Pranaraksa - Puncak Tebing Hawu. Etape 4 melaju ke Puncak Tebing Hawu - Guha Pawon - Stone Garden, Citatah dan berakhir kembali di titik awal.

Jujur saja, test rider KabarOto yang sudah biasa 'main tanah', cukup kaget dengan tantangan di tiap rute tersebut, apalagi baru mulai pos pertama saja, sudah dihiasi dengan 'drama' para riders yang jatuh hingga 9 kali, bahkan ada yang terkilir di bagian tangan dan kaki.

Dari total 16 partisipan diluar para marshall dan instruktur yang berjibaku dengan kejamnya lintasan tersebut, hanya 2 riders yang selamat hingga titik akhir tanpa mengalami jatuh sama sekali, termasuk test rider KabarOto.

Penyematan suspensi tipe upside down Showa 37 mm rupanya bukan tanpa alasan. Bantingan saat menghantam melewati jalan kasar maupun berlubang dalam kecepatan tinggi relatif terasa nyaman. Pun dengan dimensi tak terlalu besar dan tinggi, membuatnya cekatan saat counter balance.

Baca Juga: Crosser, Yuk Intip Teknologi Honda CRF250L Yang Baru Meluncur Di IIMS 2023

Asyiknya, rintangan tersebut nampaknya bukan masalah yang berarti bagi performa Honda CRF150L yang digeber selama perjalanan. Performa yang ditunjukkan motor tersebut cukup impresif mengimbangi kemauan sang rider.

Handling pun tak diragukan lagi selama bermanuver di berbagai medan, cenderung sanggup untuk libas semua rintangan namun tetap jinak untuk dikendalikan. Menariknya, tinggi badan test rider KabarOto yang mencapai 189 cm juga tak merasakan pegal maupun ketidaknyamanan dalam posisi berkendara sama sekali setelah sehari menggeber motor tersebut.

Meskipun ada beberapa titik singgah yang terlewat karena langit sudah gelap gulita, namun para partisipan mengaku puas menjajal performa CRF150L di habitat aslinya.