Begini Cara Baca Kode Produksi Ban Mobil

Begini Cara Baca Kode Produksi Ban Mobil Ban Mobil (Foto: Wandha)

KabarOto.com - Mengingat banyaknya bagian agar mobil dapat digunakan dengan baik, ban mobil merupakan bagian yang tidak kalah penting dari mesin nih. Karena mesin dalam kondisi sebaik apapun tapi ban rusak, maka mobil tidak akan bisa jalan.

Tapi Sobat Kabaroto sudah tahu belum sih kalau ban juga memiliki masa kadaluarsa loh, sama seperti makanan ya. Biasanya pengguna hanya memperhatikan kondisi ban secara langsung tanpa memikirkan masa pakainya. Tentu masa kadaluarsa ini akan mempengaruhi performa ban terutama ketika dibawa berpergian jauh.

Menurut Hendra selaku pegawai di Indah Ban, "Ban juga bisa kadaluarsa, biasanya sih sekitar 3 sampai 4 tahun itu harusnya sudah ganti, tergantung pemakaian juga. Apalagi kalau dipakainya sering terus jauh-jauh mungkin bisa lebih cepat dari 3 tahun. Soalnya kalo sering dipakai itu kan ban jadi halus, udah nggak bagus buat jalan."

Jangan salah, mobil yang jarang dipakai juga sama saja loh karena umurnya juga akan terus tergerus. Yuda dari AHT menjelaskan, "Kebanyakan orang kalau mobil lama nggak dipakai itu cuma dipanasin mesinnya aja, padahal harusnya dibawa jalan-jalan lah sebentar. Soalnya itu ban yang nempel sama jalanan kan bagian itu aja, kalo terlalu lama itu bisa bikin benjol juga."

Baca juga: Nggak Cuma Kepala, Ban Juga Bisa Benjol Loh

Mungkin sebagian dari Sobat Kabaroto hanya memperhatikan ukuran tekanan angin, jika menengok ke bagian sisi ban akan terlihat berbagai angka-angka aneh. Kebanyakan juga hanya membaca tipe ban dan ukurannya saja. Padahal bisa dilihat tahun produksi ban untuk tahu masa kadaluarsanya.

Tulisan kode masa produksi ban tidak berukuran sebesar ukuran pelek, jadi bagi Sobat Kabaroto yang belum tahu posisinya akan cukup memakan waktu mencari-cari nih. Biasanya kode untuk masa produksi terletak di bagian agak dalam sisi ban dengan jumalah 7 digit.

Misalnya tertulis kode CLH3712, perhatikan 4 digit angkanya saja. Dua angka digit pertama tandanya minggu produksi, sedangkan dua angka digit terakhir yaitu tahun produksi. Artinya ban tersebut di produksi minggu ke-37 di tahun 2012.

Contoh ban rusak bergelombang

Jadi ban tersebut di produksi pada Juli 2012, dan dapat digunakan hingga 3 sampai 4 tahun ke depan, juga disarankan untuk rutin rotasi paling tidak 3 bulan sekali. Jangan lupa juga untuk mengganti ban ketika sudah digunakan hingga tahun 2015 atau 2016.

Nah, jangan lupa untuk perhatikan kode-kode ini ya, siapa tahu sebenarnya ban mobil kamu perlu mendapatkan perbaikan.