POPULAR STORIES

Begini Cara Bawa Sepeda Di Mobil Ala Rifat Sungkar

Begini Cara Bawa Sepeda di Mobil Ala Rifat Sungkar

KabarOto.com - Sejak akhir Maret masyarakat sudah mulai menghentikan kegiatan di luar rumah, akibat wabah virus Corona atau Covid-19. Semakin jenuh berada di rumah, masyarakat mulai putar otak untuk melakukan aktivitas yang bisa meningkatkan imunitas.

Bersepeda jadi salah satu pilihan, Sob. Ternyata tren ini juga dilakukan oleh Brand Ambassador Mitsubishi Rifat Sungkar saat tak ada agenda balap. Mengingat di kondisi saat itu agenda balap terpaksa diundur bahkan dibatalkan.

Baca Juga: Ducati E-Scrambler, Bisa Jadi Koleksi Sepeda Terbaru

Rifat bersepeda dengan teman-temannya berkumpul di titik temu, sehingga ia membawa sepedanya menggunakan mobil. Nah, ada berbagai cara untuk membawa sepeda karena posisinya bisa di kabin, belakang mobil, bagasi, bahkan atap mobil.

Rifat lebih memilih untuk membawa sepedanya di kabin Mitsubishi Xpander atau Pajero Sport miliknya. Padahal sepeda yang dibawanya berjenis road bike, di mana ukurannya tergolong besar.

"Kalau bawa sepeda di mobil, memang paling enak menggunakan mobil SUV atau MPV," ujar Rifat.

Pembalap rally ini juga bercerita saat membawa sepedanya menggunakan Xpander, ia tak perlu melepas ban sepeda karena sudah muat.

Rifat menyarankan memasukkan ban belakang lebih dulu, seandainya sepeda ingin ditidurkan bagian Crank harus di bagian atas. Saat memasukkan sepeda ke kabin hanya perlu melipat jok di baris kedua dan ketiga. Bagi pengguna sepeda lipat cara penyimpanannya lebih mudah karena ukurannya yang kecil.

Baca Juga: Bersepeda Sambil Travelling Pakai Mobil? Auto2000 Kasih Tips, Nih!

"Bagian Crank harus di atas, jangan sampai tertindih oleh frame sepeda. Kalau Pajero Sport sepeda saya mudah masuknya ke kabin," ujarnya.

Cara lainnya untuk membawa sepeda yaitu di atap dan belakang mobil. Cara ini bisa dilakukan, Sobat KabarOto bisa menggunakan rak khusus sepeda. Namun, tingkat kewaspadaannya lebih tinggi dilihat dari sisi pengemudi.

"Agak riskan untuk kondisi jalanan di Indonesia, karena hambatannya banyak. Takut nanti tersangkut pohon atau portal," papar Rifat.

Sementara itu, membawa sepeda di belakang mobil dirasa lebih sulit. Pasalnya lebar mobil lebih pendek dari ukuran sepeda. Jadi, setidaknya pengguna harus melepas kedua ban sepeda terlebih dulu.