POPULAR STORIES

Begini Cara Kerja Motor Listrik Honda E

Begini Cara Kerja Motor Listrik Honda e Foto : KabarOto / HPM.

KabarOto.com - Honda e memiliki konfigurasi penggerak belakang, cukup unik mengingat bodinya kompak seperti city car dan motor listriknya dirasakan membuat mobil dapat melakukan kencang, bagaimana cara kerjanya?

Terdapat tiga bagian di mana depan berfungsi sebagai pengisian daya, kontroller, dan rem generatif. Untuk mengisi daya, soket terdiri dari dua yakni tipe Mennekes 2 dan CCS2, yang sudah sangat umum, jadi lebih mudah.

Soket pengisian Mennekes 2 dan CCS2.

Sementara sistem rem regeneratif dapat diatur melalui single pedal control, dengan tiga tingkatan, sehingga sebagai pemilik kita tidak perlu menginjak rem terlalu sering di mobil Honda e, hanya tinggal melakukan engine brake melalui tuas paddle shift di balik setir.

Baca Juga : Galeri Honda E, Desain Retro Dan Dimensi Kompak

Sementara bagian tengah jadi tempat baterai Lithium-ion 35,5 kWh berpendingin cairan, diklaim punya centre of gravity sangat rendah, sehingga mobil bisa lebih stabil, sebab distribusi bobotnya seimbang.

Baterai di tempatkan di tengah dan sangat bawah, sehingga mobil stabil.

Lalu baterai ini pengisiannya cukup cepat, menggunakan arus AC 2,3 kW membutuhkan waktu 18,8 jam. Sementara AC 6,6 kW hanya sekitar 4,1 jam, dan pengisian cepat DC cuma butuh 30-36 menit mengisi 0 - 80%. Serta dari penuh jika penggunaannya normal dapat menempuh jarak 220 km.

Baca Juga : Menuju Karbon Netral Honda E:Technology Ungkap Rencana Jangka Panjang

Baterai lalu menyuplai dayanya ke motor listrik penggerak belakang Honda e, demi menghasilkan tenaga sebesar 154 dk dan torsi 315 Nm. Akselerasi 0-100 kpj selesai dalam 8.3 detik, dan kecepatan maksimal dibatasi 145 kpj.