POPULAR STORIES

Begini Cara Kerja Sistem Hybrid Di Wuling Almaz

Begini Cara Kerja Sistem Hybrid di Wuling Almaz Wuling Almaz Hybrid (Foto: Kabaroto)

KabarOto.com - Wuling Almaz Hybrid resmi diluncurkan, Kamis (3/11/2022). Sport Utility Vehicle (SUV) ini, merupakan model hybrid pertama dari pabrikan asal Tiongkok itu, yang dipasarkan di Indonesia.

Terkait sistem hybrid-nya, Wuling Almaz ini menggunakan Multi-mode Hybrid Performance, terdiri dari EV Mode, Series Hybrid, dan Hybrid Parallel. Pada EV Mode, roda digerakkan oleh motor listrik, yang mengambil energi dari baterai Ternary Lithium.

Sementara itu, dalam mode Series Hybrid, roda tetap digerakkan oleh motor listrik, namun mesin bensin beroperasi mengisi daya listrik pada baterai, melalui motor generator.

Baca Juga : Begini Rasanya Mengemudi Wuling Almaz Hybrid Di Sirkuit Jakarta International E-Prix

Wuling Almaz Hybrid dibanderol Rp 470 juta

Untuk full EV, mode dengan kondisi baterai penuh, hanya bisa digunakan sejauh 2 km. Setelah itu mesin bensin akan aktif, dan selain sebagai mesin penggerak, juga akan mengisi baterai kembali selama perjalanan.

Wuling Almaz Hybrid mengandalkan mesin bensin 4 silinder DOHC berkapasitas 1.999 cc. Mesin tersebut menghasilkan tenaga maksimal sebesar 123 dk, dan torsi 168 Nm. Sedangkan penggerak hybrid mengandalkan motor listrik Permanent Magnet Synchronous Motor, tenaga maksimalnya 174 dk dan torsi 320 Nm.

Baterai menggunakan Ternary Lithium berkapasitas 1,8 kWh. Menyalurkan tenaga mesin ke roda depan, mengandalkan transmisi Dedicated Hybrid Transmission (DHT), didesain untuk Almaz Hybrid.

Baca Juga : Komunitas Ikut Jajal Wuling Almaz Hybrid, Ini Komentarnya

Sebagai informasi, Wuling Almaz Hybrid didukung teknologi Advanced Driver Assistance System (ADAS), Internet of Vehicle (IoV) dan perintah suara berbahasa Indonesia pertama, yakni Wuling Indonesian Command (WIND).

Tercatat ada empat pilihan warna yang ditawarkan oleh Wuling, antara lain Starry Black, Pristine White, Aurora Silver, dan Carnelian Red. Soal harga, Wuling Almaz Hybrid dibanderol Rp 470 juta (OTR) Jakarta.