POPULAR STORIES

Begini Cara Merawat Aki Di Rumah Supaya Awet, Mudah Kok

Begini Cara Merawat Aki di Rumah Supaya Awet, Mudah Kok Foto : Deddy

KabarOto.com – Baik motor atau mobil semua pasti menggunakan aki atau baterai agar bisa menyala. Tapi karena jarang terlihat oleh mata, karena penempatannya tersebunyi dibalik kap mesin atau bodi, maka orang sangat jarang memperhatikannya.

Barulah ketika sewaktu kendaraan susah di-starter, pemilik sadar bahwa ada yang tidak beres di aki. Padahal melakukan perawatannya cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah loh Sob. Mau tahu caranya? Ini penjelasannya.

Contoh gambaran terminal kepala aki.

Pertama kita harus tahu jenis aki pada kendaraan kita, apakah aki basah atau kering. Cara membedakannya mudah kok, aki jenis basah biasanya terdapat baut di bagian atas untuk memasukkan air. Sementara aki kering tertutup penuh tanpa memiliki baut.

Baca Juga : Begini Spesifikasi Buasnya BMW M3 Competition Sedan Baru

Perawatannya sendiri sedikit berbeda diantara kedua aki ini, “Kalau aki basah kita harus perhatikan airnya. Biasanya selama tiga sampai empat bulan itu akan menyusut atau berkurang. Namun, seiiring bertambahnya umur aki maka berkurangnya air lebih cepat,” ujar Dede Surya Fandy, selaku Owner gerai Garage Autoshop di kawasan Cideng, Jakarta Pusat.

Aki basah biasanya memiliki garis terawang untuk batasan air aki. Pastikan jangan sampai dibawah 'Lower Level'.

Jika sudah terlihat berkurang dari batas yang ada, kalian tinggal tambahkan air saja sob, “Dianjurkan gunakan air khusus aki. Karena ada yang bilang pakai air AC, air hujan dan sebagainya, itu tidak direkomendasikan sebab dikhawatirkan menjadi lumut,” papar pria ramah itu.

Baca Juga : Woking Masih Buka Pesanan McLaren 765LT

Sementara kasus berbeda untuk aki kering, dimana kita tidak perlu menambahkan air. Hanya saja biasanya ada kerak di kepala aki yang harus dibersihkan. “Penyebab kerak ini adalah asam, karena kepala aki itu bersihat korosif dan asam ini rembes dari sela-sela kepala aki. Maka jadilah kerak berwarna putih,” jelasnya.

Gambaran korosi pada kepala terminal aki. (Sumber : Carcarehunt.com)

Cara membersihkannya pun cukup mudah kok, “Cukup copot kabel aki, lalu siram kepala aki yang berkerak dengan air panas, dan sikat. Hal ini sebenarnya juga berlaku untuk aki basah, pasti lama kelamaan akan timbul kerak ini,” ujarnya.

Pengecekkan ini bisa dilakukan setidaknya sebulan sekali. Sekalian sembari menambahan air wiper atau air radiator. Bagaimana mudah bukan perawatannya sob?