POPULAR STORIES

Begini Cara Toyota Jaring Bibit Muda Yang Kompeten Di Bidang Kendaraan Listrik

Begini Cara Toyota Jaring Bibit Muda yang Kompeten di Bidang Kendaraan Listrik Kipli/ TMMIN

KabarOto.com - Toyota Indonesia melaksanakan serangkaian aktivitas publik advokasi teknologi elektrifikasi, kepada 10 sekolah vokasi terpilih yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

Tahap pertama yaitu Training Development, terdiri dari aktivitas pelatihan dan sertifikasi kepada para pengajar SMK perwakilan dari 10 sekolah. Nantinya, para pengajar ini akan memperolah sertifikasi resmi di bidang elektrifikasi.

Pada tahap ini, program CSR Toyota Indonesia akan fokus pada pengembangan edukasi elektrifikasi untuk 10 SMK di Pulau Jawa, seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Instimewa Yogyakarta, & Jawa Timur.

Adapun edukasi mengenai logistik pada beberapa SMK di sekitar Patimban, Subang, Jawa Barat.

Tahap kedua, berupa Public Lecture yang ditujukan kepada seluruh pengajar dan siswa di 10 SMK.

Baca Juga: Pandangan Toyota Terhadap Percepatan Kendaraan Elektrik Tanah Air

Pada tahapan terakhir yaitu Curriculum Development, Toyota Indonesia bekerjasama dengan Labtech dan UPI, sebagai konsultan ahli di bidang kurikulum pendidikan, untuk dapat mengimplementasikan kurikulum teknologi elektrifikasi kepada 10 SMK tersebut.

Para lulusan siswa SMK yang memiliki kesiapan keterampilan di bidang otomotif ini, diharapkan dapat berkontribusi dalam memenuhi kebutuhan SDM terampil, untuk kemajuan industri otomotif nasional masa depan.

Upaya ini diklaim merupakan wujud komitmen Toyota Indonesia untuk mendukung pembangunan ekonomi dan industri nasional dengan berkontribusi menciptakan lulusan vokasi yang berkualitas tinggi.

Baca Juga: Toyota Resmikan Pendidikan Otomotif Elektrik Untuk SMK

Inovasi sistem pembelajaran mengenai teknologi elektrifikasi secara detail, diberikan melalui platform Augmented Reality dalam bentuk komputer tablet sebanyak 100 unit kepada 10 SMK terpilih, sebagai media pembelajaran.

"Pembahasannya sekitar elemen-elemen utama kendaraan elektrifikasi seperti mesin, transaxle, baterai, power control unit (PCU), dan electric motor. Semoga memudahkan pemahaman dan menjadi SDM unggulan,” tutup Direktur Hubungan Eksternal PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azam.