Begini Hasil Uji Tabrak MG ZS, Memuaskan?

Begini Hasil Uji Tabrak MG ZS, Memuaskan?

KabarOto.com – MG baru saja mulai meramaikan pasar otomotif di Indonesia. Persaingan pun semakin ketat, dan semakin banyak nantinya mobil jenis baru kita temui di jalan raya, MG memiliki SUV andalan yakni MG ZS.

Mobil ini hadir dan siap bersaing di kelas compact SUV, dengan rival-rivalnya seperti Honda HR-V, Kia Seltos, Mazda CX-3 dan sebagainya. ZS sebenarnya punya beberapa kelebihan demi menarik perhatian pembeli, pertama harganya relatif terjangkau yakni Rp 255 hingga 289 jutaan, serta fitur cukup berlimpah.

Fitur tersebut meliputi kenyamanan dan keamanannya, tapi berapa sih nilai yang diberikan NCAP untuk fitur keselamatan tersebut?

Baca Juga : Turunkan Emisi, 7 Pabrikan Otomotif Indonesia Siap Produksi Kendaraan Berbasis Listrik

Euro NCAP dan ANCAP sempat melakukan uji tes tabrak pada mobil ini tahun 2017 silam, memang sudah cukup lama. Namun sejatinya, ZS memang dirilis di tahun tersebut, tapi baru masuk ke pasar Indonesia tahun 2020.

Ada 2 penilaian berbeda yang didapat, keduanya pun melakukan uji tabrak yang sudah sesuai standarnya. Misalnya saja benturan depan dilakukan pada kecepatan 64 kpj dam 50 kpj, lalu tabrak sisi samping dengan mensimulasi mobil dalam keadaan ditabrak kendaraan lain kecepatan 50 kpj, atau menghantam tiang pada posisi samping 32 kpj.

Baca Juga : Beli Aksesori Dan Suku Cadang Suzuki Dapat Diskon

Hasilnya semua fitur keselamatan bekerja baik pada kedua tes tersebut. Baik airbag sisi pengemudi dan penumpang, terbuka sempurna. Lalu airbag sisi samping pun berhasil bekerja dengan baik sehingga meminimalisir cedera pada penumpang.

Namun Euro NCAP memberikan nilai 3 bintang dengan penjabaran nilai penumpang dewasa 71%, penumpang anak-anak 51%, pejalan kaki 59%, dan fitur keselamatan 29%. Sementara ANCAP memberi nilai lebih tinggi yakni 4 bintang dengan pengetesan sama. Hal yang membuat nilainya tidak cukup tinggi ialah tekanan yang diberikan pada seat belt penumpang belakang ketika tabrakan terjadi dari arah depan akan terlalu berat di bagian dada sehingga rentan cedera. Itu untuk versi mesin bensin biasa.

Namun versi EV-nya dapat hasil positif dengan 5 bintang. Pengetesannya sendiri dilakukan pada tahun 2019 lalu oleh NCAP, mendapatkan nilai 90% untuk penumpang dewasa, 85% penumpang anak-anak, 64% aman pada pejalan kaki, serta 70% fitur keamanannya.

Begitu juga pada pengemudi, walau masih dalam batas wajar, tapi beberapa bagian seperti dada dan paha dapat berisiko cedera. Poin lain cukup pengaruh, yakni bentuk headrest karena tidak menompang kepala secara penuh sehingga bisa berdampak cedera pada leher.

MG ZS sudah dilengkapi fitur keamanan lengkap, 6 titik airbag, Anti-Lock Braking System (ABS), Electronic Brake Force Distribution (EBD), Electronic Brake Assist (EBA), Curve Brake Control (CBC), Stability Control System (SCS), dan Traction Control System (TCS). Fitur lainnya, disematkan juga Hill Start Assist System (HAS), Tire Pressure Monitor System (TPMS), Emergency Stop Signal (ESS), follow me home light.