POPULAR STORIES

Begini Impresi Pertama Para Pembalap MotoGP Usai Jajal Sirkuit Mandalika

Begini Impresi Pertama Para Pembalap MotoGP Usai Jajal Sirkuit Mandalika Sumber Foto : MotoGP & pihak tim

KabarOto.com – Para pembalap MotoGP telah menjalani sesi tes pramusim pertama di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Jumat (11/2).

Dalam sesi tes pramusim hari pertama ini, Pol Espargaro (Repsol Honda) berhasil mencetak waktu tercepat yaitu 1:32,446 detik yang mampu mengalahkan rekor pembalap World Superbike (WSBK), Toprak Razgatlioglu (Pata Yamaha) pada November 2021 lalu.

Baca Juga : Hasil Tes Pramusim MotoGP Mandalika 2022 Hari Pertama: Pol Espargaro Tercepat

“Awalnya agak sulit di pagi hari, lintasannya kotor tetapi lintasannya membaik saat kami terus mengendarai motor dan pihak panitia membersihkan lintasan. Seiring berjalannya hari, kami bisa berkendara dengan cara yang lebih baik dan mulai belajar lebih banyak tentang trek dan juga motor baru. Akhirnya, saya dapat melakukan yang terbaik hari ini. Tetapi, ini baru hari pertama dan besok semua orang akan lebih cepat,” ungkap Pol Espargaro.

Tetapi, tes hari ini tidak berlangsung lancar karena kondisi trek yang basah dan berlumpur akibat hujan. Alhasil, para pembalap tidak bisa memaksimalkan performa motor mereka di Sirkuit sepanjang 4,31 km ini. Walaupun begitu, beberapa pembalap dari Suzuki Ecstar mengungkapkan bahwa layout sirkuit ini tidak terduga.

Baca Juga : Marc Marquez Dan Pol Espargaro Geber New Honda Vario 160 Di Mandalika

“Saya sangat suka sirkuit Mandalika, bagus dan layoutnya luar biasa. Hari ini sedikit kotor, jadi kami harus berhati-hati. Tapi, lap demi lap lebih banyak gripnya. Secara keseluruhan saya senang dengan hari pertama ini, kami dapat mempelajari karakter sirkuit ini dan tidak mencoba banyak hal,” ungkap Alex Rins.

Begitu pula dengan rekan satu timnya Rins yang terkesan dengan tata letak dan Joan Mir senang saat trek lebih bersih. “Saya menikmati hari ini, senang memperlajari tata letak walaupun dalam kondisi yang tidak maksimal. Pada akhirnya ada garis balap yang memiliki cengkraman yang kuat, dan ada bagian yang mengalir dan saya menyukainya,” ungkap Joan Mir.

Baca Juga : Sirkuit Mandalika Dari Kacamata Pembalap Nasional

Berbeda dengan pembalap tim Yamaha, Fabio Quartararo mampu meraih posisi lima besar saat kondisi trek yang cukup kondusif. Saat tiga jam sebelum sesi berakhir, El Diablo sempat memuncaki klasemen dengan catatan waktu 1:34,074 detik. Hingga akhirnya dia menyelesaikannya dengan raihan waktu 1:33,108 detik alias terpaut 0,642 detik dari Aleix yang menempati puncak.

“Sejujurnya, saya sangat senang karena pagi ini sangat sulit. Kondisinya seperti motorcross. Sorenya saya merasa jauh lebih baik, kecepatan kami sangat kuat. Saya mencatat lap tercepat dengan 16 lap menggunakan ban medium. Kami masih memiliki dua hari untuk mencoba paket aerodinamika dan pengaturan belakang. Paket ini bekerja dengan baik, jadi saya senang. Sempat terpikir, sirkuit ini seperti Qatar, Thailand, dan Argentina dengan titik pengereman berat di sesi terakhir,” ungkap Fabio Quartararo.