POPULAR STORIES

Sirkuit Mandalika Dari Kacamata Pembalap Nasional

Sirkuit Mandalika dari Kacamata Pembalap Nasional Denny Pribadi

KabarOto.com - Indonesia resmi tambah 1 sirkuit kebanggaan lokal yang terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Sirkuit ini telah digunakan untuk ajang kelas dunia seperti World Superbike (WSBK) dan akan digunakan untuk MotoGP beberapa saat lagi.

Denny Pribadi selaku pembalap nasional telah menginjakkan kaki di sirkuit tersebut dalam rangka persiapan pra musim MotoGP, "Saya diminta Andi Satria selaku Direktur Utama MGPA untuk membantu persiapan ajang MotoGP, dan saya merasa beruntung sebagai pembalap mobil karena bisa menjajal trek yang disebut-sebut salah satu yang terbaik di dunia," ujarnya.

Ia mengaku, tugasnya tidak hanya mengetes trek, namun membantu tim inspeksi dan observasi. "Saya juga mengajak tamu-tamu penting memperkenalkan trek ini dan sempat menjajal 4 hingga 5 lap untuk mengetahui kualitas aspal Homologasi A. Ternyata aspalnya bagus dan lengket sekali dengan ban," imbuh pemukim kawasan Bintaro, Tangerang Selatan.

Baca juga: Alex Rins Mengaku Menikmati Masa Bahagia Di Mandalika

Denny, sapan akrabnya menggeber BMW 330i standar pabrik dan ada beberapa poin yang menjadi perhatiannya tentang trek tersebut.

"Trek ini punya 17 tikungan dengan tingkat kesulitan berbeda, kesulitan yang saya rasakan ada pada tikungan 16 yang membuat pembalap harus cermat mengambil apex in dan out. Curb dan green zone sangat baik dengan warna cerah sehingga terlihat jelas oleh pembalap dengan kecepatan tinggi," jelasnya.

Menurutnya, kualitas gravel juga baik dengan perawatan berkala sehingga tetap gembur dan dapat memperlambat maju kendaraan yang menginjaknya.

"Tim medis juga sigap ketika simulasi, peletakan barrier tertata rapi dan kuat menahan terhadap benturan ke dinding beton, dan yang tak kalah penting drainase juga baik sehingga tak menimbulkan genanangan air ketika hujan," beber drifter tersebut.

Adapun teknologi Digi Flag yang membuat lampu bisa berubah warna sesuai dengan bendera marshall yang akan dikibarkan dan dikendalikan dari Race Control Room.

Baca juga: Marc Marquez Dan Fabio Quartararo Tiba Di Indonesia, Jajal Sirkuit Mandalika

Terkait teknis trek sendiri, Denny bilang terdapat tanjakan dan turunan landai yang jadi tantangan bagi pembalap.

"Kecepatan tertinggi ada di street lurus depan paddock dan bisa masuk lewat tikungan 6, 7, 8 dan 9 secara diagonal, sebelum memasuki tikungan sudah gear tinggi dengan kecepatan bisa tembus 350 kpj di tikungan 10," katanya.

Menurutnya, paddock tertata rapi dan jalur evakuasi di dalam trek juga banyak sehingga memudahkan untuk evakuasi saat terjadi insiden.

"Pos marshall juga tersedia toilet dan tempat ibadah jadi marshall tak usah jauh-jauh meninggalkan pos," tandasnya.

Denny bilang kalau sirkuit tersebut hampir tak ada sisi kekurangannya karena dianggap sebagai sirkuit baru yang menggunakan teknologi terkini.

"Tentu, karena sudah Homologasi A sudah sewajarnya layak untuk balap mobil dan memungkinkan untuk mendatangkan Formula 1 juga Touring Car Championship. Semua harus sertifikasi dari FIA," tutupnya.