POPULAR STORIES

Begini Sirkuit Formula E Di Ancol

Begini Sirkuit Formula E di Ancol Gambaran sirukuit Formula E di Ancol

KabarOto.com - Ajang balap mobil listrik bertajuk Formula E dipastikan berlangsung di Jakarta, awal Juni 2022 mendatang. Organizing Committee Formula E dan Jakpro sebagai penyelenggara sudah menunjuk Kawasan Ancol, Jakarta Utara, sebagai lokasi diselenggarakannya balapan.

Penyelenggara juga telah memberikan gambaran bagaimana sirkuit tersebut akan dibangun. Ketua Organizing Committee Formula E Jakarta 2022, Ahmad Sahroni mengatakan, sirkuit dibangun dengan mengikuti berbagai spesifikasi dari FEO dan FIA.

Baca Juga: Sirkuit Formula E Dipastikan Berlangsung Di Ancol

Sirkuit menurut rencana akan rampung pada April 2022 mendatang. "Adapun beberapa hal yang menjadi pertimbangan kami adalah venue yang ikonik, yang khas Jakarta, namun juga sesuai dengan standar FEO dan FIA," terang Ahmad Sahroni pada Rabu (22/12/2021).

Taman Impian Jaya Ancol (Foto: Istimewa)



Ia juga menjelaskan, jika tempat bernama Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) ini panjang lintasannya 2,4 kilometer dengan lebar 12 meter. terdapat 18 tikungan untuk mengasah skill pembalap.

Para pembalap ini, nantinya akan memutari sirkuit yang berdesain seperti kuda lumping, searah jarum jam. Pembalap bisa memacu kecepatan di lintasan lurus dengan panjang 600 meter.

“Track E-Prix adalah track jalan raya, jadi spesifikasinya mirip jalan raya," terang Syahroni. Sementara itu, menurut dia, lokasi pembuatan track sudah relatif padat dan rata, membuat pengerjaannya akan lebih cepat.

Seperti diketahui, pembangunan sirkuit ini tidak menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). Dana untuk menyelenggarakan balapan internasional ini dari Jakpro dan juga akan melibatkan sponsor.

Baca Juga: Mobil Formula E Gen3 Akan Dibuat Efisien

“Yang perlu ditegaskan juga bahwa dalam pembangunan ini tidak ada dana APBD maupun PMD yang digunakan," tambah dia lagi. Sirkuit ini nantinya akan digunakan dalam eevent balap otomotif lainnya di waktu mendatang.