Begini Spesifikasi Lengkap Honda Freed Full Modifikasi Versi JDM

Begini Spesifikasi Lengkap Honda Freed Full Modifikasi Versi JDM Foto : Deddy / KabarOto

KabarOto.com – Honda Freed yang sudah tidak dijual di Indonesia, tapi MPV dengan pintu geser ini sempat menjadi primadona untuk pasar Tanah Air. Tampilan modern dan dimensi yang tidak terlalu besar, ditambah mesin 1.500 cc yang cukup mumpuni menjadi modal sukses mobil ini.

Namun mobil keluarga ini memiliki gaya yang berbeda, ketika James William Kurniadi membuat Honda Freed lansiran 2014 berkelir putih miliknya lebih bergaya JDM.

Baca juga: Honda HR-V Terbaru Dapat Sentuhan Sporty Dari Mugen

Tampilan eksterior sangat berbeda dengan Freed kebanyakan, sebab James mengaplikasikan Freed Hybrid GP3. Mulai dari bumper depan berserta garnisnya, gril JDM yang punya desain mika bening, lampu depan blue lens berikut leveling.

“Kendala utama yakni berburu barangnya, karena Honda Freed salah satu mobil Hybrid yang favorit juga. Kita berburu komponen hingga ke Thailnd, Hongkong, Singapura dan Malaysia. Sudah begitu yang diminati hanya satu versi yakni GP3 atau Hybrid. Dengan nuansa birunya seperti head lamp, stop lamp dan grill blue lens,” jelasnya.

Grill versi Freed Hybrid GP3.

Dari sisi samping, ada lampu spion GP3 dan mempertahankan side skirt standar. Paling terlihat tentu nuansa putih emas yang sangat kental, terutama di bagian pelek.

Memperkuat gaya JDM dipilih Advan Racing RG2 finishing gold, dengan spesifikasi ukuran 17 inci, lebar 7,5 offset 42. Dikunci dengan baut kompetisi dari Advan Racing Hex Lug Nut 17 mm. Berbalut ban semi slick Yokohama Advan Neova 205/45 R17.

Soal kaki-kaki, agar tampilan semakin ceper maka dipilih penggunaan suspensi udara 2 titik yang dapat diatur menggunakan remot dan bluetooth Android. Lalu sistem rem juga di-upgrade menggunakan big brake kit AP Racing ukuran 330 mm dengan kaliper 4 pot.

Baca juga: Tampil Agresif Honda Jazz GK5 Pakai Bumper J'S Racing

Lanjut ke bagian belakang, agar terkesan elegan dan clean maka dipasangkan spoiler bawaan Freed Hybrid GP3. Begitu juga dengan stoplamp LED Ichikoh blue lens senada depan yang membuat kesan JDM semakin kental. Serta tidak lupa bumper belakang turut diganti jadi versi GP3.

Pelengkap lainnya ada pemanis seperti emblem emas orisinal Honda Access baik dari logo Honda depan dan belakang, serta logo Freed. Lalu perlindungan cat pun menggunakan coating dari Sierra Glow with Blue Flame Technology, dan kaca film V-Kool tipe VK70 dan VK VIP.

Beralih ke bagian mesin, mobil telah menggunakan intake kepunyaan CR-Z Hybrid LEA-l4, berikut cover intake-nya. Lalu supaya asupan udara tercukupi, maka filter bawaam diganti memakai K&N. ECU sudah re-map sehingga tenaga lebih besar untuk pemakaian harian, serta tidak lupa ada strutbar Tanabe agar handling mobil makin asyik ketika bermanuver.

Baca juga: Lewat Tol Pamulang Ke Bandara Hanya 32 Menit, Bagaimana Kondisi Jalannya?

Masuk ke kabin, kita akan menemukan spidometer digital Hybrid GP3 lengkap dengan Module Full versionnya. Lalu terdapat panel ECO Mode seperti di Jepang, dan stirnya memakai bawaan CR-Z yang sudah dibalut dengan bahan kulit, tidak lupa panel shiter GP3. Serta jok pun menggunakan Recaro standar dari Euro R.

Sistem audio juga turut di-upgrade kualitasnya menggunakan head unit Alpine tipe IVA 520W, speaker depan 2 way dari Focal, serta subwoofer lansiran Cello. Tidak lupa penggunaan amplifier untuk membunyikan speaker dan subwoofer tadi.