Begini Tampang Sangar Ferrari 296 GT3

Begini Tampang Sangar Ferrari 296 GT3 Ferrari

KabarOto.com – Ferrari 296 GT3 akhirnya dirilis oleh pabrikan asal Italia tersebut. Mobil ini mengambil basis dari Ferrari 296 GTB, sekaligus jadi pengganti untuk 488 GT3.

Bodi 296 GT3 didesain dengan perhitungan matang oleh para insinyur, menggunakan serat karbon dan atap aluminium supaya bobotnya ringan. Terlihat canard berukuran cukup besar, sepatbor depan lebih lebar dan memiliki ventilasi untuk mengurangi hambatan angin.

Bodi belakang pun dibuat lebih lebar berikut ventilasi, serta ditambahkan spoiler besar ciri khas mobil GT3. Berikut finishing diffuser dengan bilah, memastikan aliran udara di kolong mobil tidak mengurangi performa mobil.

Baca juga: Ferrari 296 GTS Debut Di ASEAN, Pertama Malaysia

Menurut perhitungan di terowongan angin, bodi baru ini memberikan efek downforce di bagian depan sebesar 20% dan belakang sebesar 40%. Bodi dinamis ini disandingkan dengan pelek ukuran 18 inci lebar 12,5J dan 13J di belakang.

Kabin sepenuhnya didesain ulang, hasilnya kokpit yang memungkinkan pengemudi menemukan posisi terbaik dengan cepat dan efektif. Banyak kontrol dan fungsi telah dipindahkan ke setir terinspirasi dari Formula 1, sementara posisi jok Sabelt memberikan visibilitas optimal.

Selain itu pengaturan lebih fleksibel untuk berbagai ukuran dan tinggi badan pengemudi, karena enggunakan pedal, dan setir yang dapat disesuaikan. Sistem pendingin udara, dan aliran udara di dalam kabin dirancang untuk memberikan ventilasi memadai di segala kondisi, tentunya berdampak bagi konsentrasi pembalap saat balapan.

Baca juga: Ferrari Monza SP2 Karya Mansory, Jadi Makin Langka

Dapur pacunya menggunakan mesin F163CE konfigurasi V6 Turbo berkapasitas 2.992 cc, kinerja turbo ditingkatkan demi menambah performa, dan diklaim memiliki efisiensi hingga 24%, mengurangi waktu spool-up, dan menyalurkan tenaga instan. Total tenaga sekarang mencapai 600 dk dan torsi maksimal 712 nm. Disambung ke girbok sekuential transversal enam percepatan.