Begini Uniknya Suspensi Ferrari Purosangue

Begini Uniknya Suspensi Ferrari Purosangue Ferrari Purosangue (Dok : Ferrari)

KabarOto.com – Ferrari baru saja merilis mobil terbaru mereka yakni Purosangue beberapa waktu lalu. Ini jadi mobil SUV pertama mereka dari merek asal Italia itu, walau sejatinya Ferrari tidak ingin menyebut mobil tersebut sebagai SUV.

Mobil 4 pintu itu sendiri dibekai mesin berkonfigurasi V12 dengan kapasitas 6.500 cc, output tenaganya 725 dk dan torsi maksimalnya 716 Nm. Membuatnya mampu berakselerasi dari 0-100 kpj dalam 3,3 detik saja. Tentu ini akan jadi pesaing baru bagi mobil sekelasnya seperti Lamborghini Urus, Porsche Cayenne atau Aston Martin DBX.

Namun di sisi lain, Ferrari juga menyematkan suspensi yang spesial untuk Purisangue. Teknologi suspensi ini disebut Ferrari Active Suspension Technology (FAST). Namun Multimatic selaku pemasok menyebutnya TrueActive Spool Valve Dampers (TASV).

Baca Juga : Tips Memasang Stabilizer Bar Di Mobil, Bagian Mana Paling Utama?

Multimatic mencatat bahwa semua peredam, baik aktif maupun pasif, adalah elemen reaktif. Dirancang untuk menyerap energi dari permukaan jalan ,dan gaya gravitasi yang dihasilkan pengemudi saat mengemudi.

Tetapi pada suspensi aktif ini, sistemnya berbeda. TASV menggunakan motor listrik brushless, 48 volt. Cukup kuat untuk menggerakkan seluruh bodi mobil saat melewati kondisi jalan tidak rata, atau ketika bermanuver. Sehingga kinerja penanganan lebih optimal dan lebih nyaman berkendara di segala kondisi.

Motor di suspensi ini akan mengangkat dan menggerakkan bodi ketika mendeteksi saat mobil terasa miring setelah sistem mendeteksi melewati gundukan, tikungan, dan sebagainya.

Baca Juga : Keuntungan Saat Menggunakan Stabilizer Mobil

Sistem akan langsung menyesuaikan masing-masing peredam sehingga jalan tidak rata atau menikung tidak mengganggu kestabilan mobil. Dengan demikian, mobil tetap rata setiap saat membuat pengendaraan lebih nyaman dan stabil.

Selain itu sistem ini juga tidak butuh lagi pemasangan anti-roll bar. Serta Multimatic juga mengklaim bahwa sistem ini lebih baik daripada suspensi adaptif atau semi-aktif.