POPULAR STORIES

Belum Sebulan Meluncur, New Suzuki XL7 Hybrid Dominasi Penjualan Retail SIS

Belum Sebulan Meluncur, New Suzuki XL7 Hybrid Dominasi Penjualan Retail SIS Suzuki XL7 Hybrid (Foto: SIS)

KabarOto.com - New Suzuki XL7 mungkin belum sebulan meluncur untuk konsumen di Indonesia, namun PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) mencatatkan, SUV ini mendominasi penjualan mobil penumpang, dengan capaian 15% dari total penjualan ritel Suzuki.

Posisi kedua disusul oleh All New Ertiga, berkontribusi 10% dari total penjualan secara keseluruhan. Sedangkan, pada penjualan mobil komersil masih dikuasai oleh Rajanya Pikap, yaitu New Carry sebanyak 55%.

Baca Juga: Dijual Terpisah Rp 8 Jutaan, Ini Detail Fitur E-Mirror Touchscreen Suzuki XL7 Hybrid

Setelah meluncurkan tipe terbarunya dengan tambahan sematan teknologi hybrid, secara keseluruhan penjualan ritel XL7 mencetak catatan positif, sebesar 36% apabila dibandingkan dengan penjualan bulan Mei 2023, mengalami peningkatan penjualan secara ritel sebesar 24% jika dibandingkan dengan Juni 2022.

Penjualan didominasi oleh New XL7 Hybrid tipe Alpha transmisi otomatis (AT), pilihan warna New Savanna Ivory – Black dan White – Black. Tipe hybrid New XL7 (Alpha dan Beta) ini mendominasi sebesar 74% dari total penjualan New XL7 tipe terbaru.

Suzuki Ertiga Hybrid (Foto: SIS)

Mobil penumpang lainnya dan tetap menjadi incaran konsumen Indonesia adalah All New Ertiga. Dibandingkan periode Januari hingga Juni 2022, penjualan secara ritel All New Ertiga periode Januari – Juni 2023, meingkat sebesar 12%.

Penjualan didominasi oleh All New Ertiga Hybrid tipe GX dengan transmisi otomatis (AT), kemudian disusul dengan All New Ertiga tipe GL dan All New Ertiga Hybrid Suzuki Sport.

Randy R. Murdoko, Asst. to Dept. Head 4W Sales PT SIS mengatakan, catatan penjualan yang positif ini menjadi bukti bahwa masyarakat yang sudah beralih, dan tertarik terhadap mobil ramah lingkungan yang berdampak positif bagi keberlangsungan lingkungan.

Suzuki Carry Pikap (Foto: SIS)

Pada sektor komersil, New Carry masih memimpin papan torehan penjualan setelah berhasil berkontribusi sebesar 55% terhadap penjualan Suzuki secara keseluruhan di bulan Juni 2023.

Baca Juga: Incar Kawasan Ramah Lingkungan, Suzuki XL7 Hybrid Unjuk Gigi Di BSD City

Selain New Carry, XL7, dan All New Ertiga, pada kategori model impor juga membawa kabar gembira. Tercatat pada bulan Juni 2023 untuk penjualan kategori mobil CBU berkontribusi sebesar 16% dari total penjualan ritel Suzuki. Hal ini tentu sangat baik karena Suzuki mampu mempertahankan penjualan bahkan mengalami peningkatan.