POPULAR STORIES

Bendera Merah Putih Dipastikan Tak Berkibar Di Mandalika Saat WSBK Dan MotoGP

Bendera Merah Putih Dipastikan Tak Berkibar di Mandalika saat WSBK dan MotoGP World Superbike (Foto: Istimewa)

KabarOto.com - Tim bulutangkis Indonesia baru saja menjadi juara Piala Thomas dan Uber 2021 yang berlangsung di Denmark. Namun, anehnya, bukan bendera Indonesia yang berkibar, melainkan Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI).

Hal itu dikarenakan, World Anti-Doping Agency (WADA) atau Badan Anti-Doping Dunia memberikan sanksi pada Indonesia karena dinilai tidak mematuhi peraturan Kode Anti-Doping Dunia. Tak hanya Indonesia, Thailand juga
salah satu negara yang mendapat status ketidakpatuhan.

Baca Juga: Mandalika Siap Selenggarakan Balap MotoE

Sanksi lainnya yang diberlakukan untuk Indonesia adalah pelarangan untuk menggelar kompetisi atau kejuaraan olahraga. Tapi, untuk agenda yang sudah disepakati atau sudah mendapat izin, tetap akan berjalan.

Namun demikian WADA masih melarang pengibaran bendera nasional di acara tersebut. WADA sudah mengkonfirmasi, bendera Indonesia tidak boleh dikibarkan dalam ajang balap World Superbike (WSBK), MotoGP, Formula 1, serta balap motor lainnya, sampai sanksi ketidakpatuhan dicabut.

Kondisi Sirkuit Mandalika (Foto: MPI)

Juru bicara WADA, dikutip dari Crash.net, menyatakan, terkait dengan bendera, konsekuensinya akan terbatas pada pengibaran resmi bendera oleh penyelenggara acara di venue/arena/stadion di mana kejuaraan regional, kontinental, atau dunia sedang berlangsung.

Baik pengibaran tersebut selama durasi pertandingan, acara atau untuk bagian tertentu dari acara seperti medali, upacara pembukaan atau penutupan atau elemen protokol lainnya.

Bendera larang diperlihatkan juga berlaku saat upacara penyerahan piala di podium. Selain itu, juga berlaku 'segera untuk setiap atlet/pebalap dan/atau tim Indonesia', adalah salah satu konsekuensi dari dinyatakan tidak mematuhi peraturan Kode Anti-Doping Dunia.

Baca Juga: Sirkuit Mandalika Masuk Jadwal Sementara MotoGP 2022

Seperti beberapa event balap seperti diketahui, Asia Talent Cup (ATC) 2021 dan World Superbike akan berlangsung akhir tahun ini di Sirkuit Mandalika, Lombok Nusa Tenggara barat. Di Asia Talent Cup (ATC) 2021 ada beberapa pembalap muda Indonesia yang ikut di dalamnya.

Dipastikan mereka tak akan melihat kibaran merah Putih di sirkuit baru tersebut. bahkan, MotoGP juga sudah menjadwalkan tahun 2022 berlangsung di Mandalika.