POPULAR STORIES

Berada Di Ketinggian 6 Meter, Tol Japek II Dilengkapi Fasilitas Untuk Kondisi Darurat

Berada di Ketinggian 6 Meter, Tol Japek II Dilengkapi Fasilitas Untuk Kondisi Darurat Ilustrasi Tol Japek II (KS)

KabarOto.com - Menteri Perhubungan Budi Karya mengatakan, bahwa Tol Jakarta-Cikampek II (elevated) diharapkan bisa beroperasi pada November 2019, sehingga sudah bisa digunakan masyarakat pada saat liburan Natal dan Tahun Baru 2019.

Meski begitu, Budi menekankan bahwa faktor keselamatan menjadi hal terpenting. "Saya bersama teman-teman datang ke sini bersama Dirjen Darat dan Kepala BPTJ melakukan observasi aspek keselamatan dan layanan yang ada di tol elevated ini," ujar Budi dalam keterangannya.

Baca Juga: Deretan Foto Mobil Modifikasi Yang Tampil Di IMX 2019

Sebagai upaya memastikan keamanan, mengingat jalan tol Japek II ini berada di ketinggian 6 meter, Budi meminta kepada stakeholder untuk melakukan beberapa ujicoba penanganan jika terjadi hal-hal darurat.

"Saya berpesan kepada teman-teman saat mengoperasikan perlu diperhatikan safetynya. Mengingat ini di ketinggian 6 meter jadi hal-hal detail bisa dielaborasikan dan skenario," pesan Budi.

Berada di lokasi yang cukup tinggi

Selain itu, hingga kini Kementerian Perhubungan masih mempertimbangkan apakah kendaraan lain selain golongan satu dapat melewati Tol elevated ini.

Direktur PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC), Djoko Dwijono, selaku operator Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated menegaskan, bahwa pihaknya telah menyiapkan empat emergency plan.

Bisa dilalui saat liburan Natal dan Tahun baru 2020

"Pertama adalah emergency opening, yang ditempatkan di 8 lokasi dengan jarak masing-masing 4 Km," jelas Djoko. Selanjutnya ada emergency bay, yang ditempatkan sebanyak 2 titik di masing-masing jalur.

Tak kalah pentin, Jasa Marga juga menyiapkan emergency access (tangga darurat), yang ditempatkan dimasing-masing emergency opening dan emergency bay.

Baca Juga: Pemerintah Mulai Kerjakan Pembangunan Jalan Tol Semarang-Demak

"Terakhir, emergency exit, ditempatkan sebanyak 1 titik dimasing-masing jalur dan berlokasi di daerah Cibitung (km 27)," pungkas Djoko.

Tol Japek II sendiri berada di ruas jalan tol dari Cikunir (KM 9+500) hingga Karawang Barat (KM 47+500) dengan total panjang jalan 36,4 Km. Saat ini, progress pembangunan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) ini sudah mencapai 96,5 persen.