Berkat Fitur Keselamatannya, Mobil-mobil Hyundai Dianugerahi Bintang 5

Berkat Fitur Keselamatannya, Mobil-mobil Hyundai Dianugerahi Bintang 5 Foto: hirsch chemnitz

KabarOto.com - Tiga mobil terbaru Hyundai berhasil mendapat peringkat maksimal atau bintang lima dari Badan Keselamatan Jalan Raya Amerika Serikat (NHTSA). Penilaian itu terkait dengan sistem keselamatan yang ada di mobil-mobil tersebut. Tiga mobil itu adalah Kona, Tucson dan Santa Fe.

NHTSA memang berwenang menguji dan menilai kendaraan setiap tahun. Uji keselamatan itu bertujuan memberikan informasi kepada konsumen tentang bagaimana sebuah kendaraan baru memiliki sistem keamanannya. Semakin tinggi nilai yang didapat, bisa dikatakan semakin aman mobil tersebut digunakan konsumennya.

"Keselamatan pengemudi adalah prioritas utama kami," kata Wakil Presiden Produk, Perusahaan dan Perencanaan Digital Hyundai Motor Amerika Mike O'Brien.

Baca Juga: Canggih, Hyundai Kembangkan Fitur Deteksi Penumpang Di Bangku Belakang

Fitur keamanan terbaru yang dikembangkan oleh Hyundai yaitu Rear Occupant Alerts. Dengan sistem baru ini, mobil memiliki kemampuan untuk memberi peringatan kepada driver tentang adanya pergerakan di kursi belakang. Fitur ini akan berfungsi ketika mobil sudah dalam keadaan mesin mati. Mobil seolah memberi peringatan dengan mengeluarkan tulisan "Check Rear Seat" di bagian panel instrumen.

Bagaimana jika ada pergerakan di bagian kursi belakang namum mobil itu sudah ditinggalkan sang driver dalam kondisi mesin mati? Klakson akan bunyi, lalu lampu utama berkedip secara otomatis. Mobil itu seolah memperingatkan orang di sekitarnya bahwa ada sesuatu yang tertinggal di dalamnya.

Jika klakson dan lampu itu tak direspon, maka mobil mengirim pesan secara otomatis ke smartphone pemiliknya yang terintegrasi Blue Link.

Fitur ini sangat berguna bagi pemilik mobil yang mengajak anak atau bayi untuk duduk di bagian kursi belakang. Kecanggihan ini bisa menghindari bayi atau anaknya tertinggal di belakang.

"Kami selalu mencari dan menerapkan teknologi keamanan terbaru untuk memberikan keamanan yang lebih baik bagi semua pelanggan kami," tambah Mike O'Brien.

Sebelumnya Hyundai sudah mendapatkan penghargaan dari IIHS sebagai Top Safety Pick. Fitur keselamatan yang dikembangkan itu merupakan bentuk komitmen Hyundai untuk menciptakan kendaraan dengan peringkat keselamatan teratas.

Baca Juga: Hyundai Tanamkan Fitur Canggih Pada Santa Fe Terbaru

Nah, ketiga mobil di atas sebelumnya sudah disematkan SmartSense. Sistem ini dilengkapi beberapa fitur yang bisa menghindarkan mobil dari tabrakan atau benturan. Di antaranya adalah Forward Collision Avoidance Assist (FCA), Lane Keeping Assist (LKA), dan Driver Attention Warning (DAW).

Fitur FCA terintegrasi kamera dan radar yang menghadap ke depan. Fungsinya untuk mendeteksi tabrakan yang akan terjadi. Sehingga, kendaraan mampu menghindari atau meminimalkan kerusakan dengan pengereman secara mandiri.

Selanjutnya LKA. Fitur ini mampu mendeteksi penanda jalur di jalan. Sistem ini membantu kemudi untuk tetap berada di jalur yang tepat.

Terakhir adalah DAW. Fitur ini mampu memonitor pola mengemudi seseorang. Jadi, ketika pengemudi mengantuk atau kurang perhatian atau fokus bisa terdeteksi oleh fitur ini. Setelah terdeteksi, mobil akan memberi peringatan melalaui suara dan pesan peringatan pada panel instrumen kepada driver-nya. (*)