POPULAR STORIES

Berkendara Aman Ala Chevrolet

Berkendara Aman ala Chevrolet Chevrolet Berikan Tips Berkendara Saat Hujan

KabarOto.com - Memasuki perubahan cuaca yang mulai berubah menjadi musim penghujan sebagai pengendara khususnya mobil harus menjaga dan memberikan perhatian ekstra pada kendaraan. Jalanan menjadi tidak terkendali ketika musim penghujan datang.

Ada beberapa titik khususnya daerah Ibu Kota yang mudah tergenang air. Pengendara sebaiknya memahami betul kendaraan, baik ketika terpaksa memasuki daerah yang tergenang air maupun akan memasuki genangan air.

Chevrolet memberikan beberapa panduan dan tips untuk pengendara meningkatkan keamanan saat di perjalanan.

Baca Juga: Ini 5 Tips Dasar Bikin Mobil Siap Hadapi Musim Hujan

Yuniadi Haksono Hartono, External Affairs & Communications Director GM Indonesia mengatakan, "Keselamatan merupakan prioritas bagi Chevrolet. Kami ingin mengajak pengemudi untuk mengutamakan keselamatan dimanapun, kapanpun, dan oleh siapapun. Berkendara saat musim hujan memerlukan perhatian yang lebih khususnya dalam kesiapan kendaraan dalam melewati jalanan licin dan banjir."

Beberapa tips untuk pengendara ketika berkendara saat musim hujan, yang pertama adalah melakukan standar check-up seperti oli, mesin, tekanan ban, baterai, lampu dan wiper. Pengisian bahan bakar yang full juga menjadi hal penting saat berpergian jauh.

Chevrolet terabas banjir

Kedua, rencanakan dahulu rute yang ingin dilewati. Hal ini akan mempermudah perjalanan terutama saat hujan dan jarak pandang menjad lebih pendek. Pada pengendara All-New Chevrolet dapat menggunakan fitur myLink.

Ketiga, gunakan gigi rendah ketika berada di jalanan menanjak atau menurun. Keempat, pastikan kendaraan dalam kondisi aman terutama pada mesin. Kelima, kesabaran sangat diperlukan ketika terjebak dalam kemacetan.

Terakhir, teknologi yang mendukung, seperti Lane Departure Warning, Forward Coallision Alert, Panic Brake Assist, Electronic Stability Control, dan Anti-Rolling Protection akan membuat pengemudi akan mendukung rasa aman di tengah perjalanan.

Baca Juga: Mau Musim Hujan Nih, Pilih Paket Detailing Motor Yang Mana?

Nah, apabila terpaksa harus melewati jalan yang tergenah atau air juga ada beberapa tips dari Chevrolet. Sebaiknya jika kendaraan kecil atau rendah sebisa mungkin menghindari genangan yang melebihi ban atau trotoar.

Apabila sangat terpaksa, matikan AC dan buka jendela. Hal ini menghindari masuknya air ke dalam mesin dengan pendingin yang menyala. Pun tidak membuat mesin mati, hal ini dapat membuat pendingin berputar-putar dengan menarik puing-puing yang mengambang di genangan air.

Setelah berhasil keluar dari genangan air, injak dan lepas rem secara perlahan untuk memastikan tidak ada serpihan-serpihan yang tertinggal di gril. Terakhir, bersihkan kendaraan terutama di bagian bawah dan roda.

Jangan lupa untuk mengganti oli transmisi untuk memastikan air tidak masuk, tidak lupa bersihkan bagian interior agar tidak menumbuhkan jamur pada mobil.

Baca Juga: Evolusi Mesin V8, Dari Produksi Masal Hingga Ke Balap